PSDKU Unpad Pangandaran didirikan sejak tahun 2016 dengan tujuan agar masyarakat Jawa Barat khususnya dari wilayah Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya dan sekitarnya bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi yang bermutu seperti Universitas Padjadjaran.

Sebagai salah satu upaya Universitas Padjadjaran dalam meningkatkan pembangunan wilayah Jawa Barat, khususnya daerah Priangan Timur, Unpad membuka Pendidikan Multi Kampus di Kabupaten Pangandaran mulai tahun 2016 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Pemkab Pangandaran menyediakan lahan seluas 20 ha di Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kab. Pangandaran untuk pembangunan kampus Unpad di Pangandaran. Selama pembangunan berlangsung, aktivitas perkuliahan untuk sementara waktu dilaksanakan di daerah Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

Pengantar Rektor Unpad

PSDKU Unpad Pangandaran didirikan sejak tahun 2016 dengan tujuan agar masyarakat Jawa Barat khususnya dari wilayah Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya dan sekitarnya bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi yang bermutu seperti Universitas Padjadjaran. Masyarakat Pangandaran dan sekitarnya diharapkan memiliki pendidikan paling tidak jenjang sarjana (S-1) dengan harapan tercapainya peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul dalam membangun daerahnya.

PSDKU Unpad Pangandaran mendapat dukungan penuh dari pemerintah provinsi Jawa Barat dan pemerintah Kabupaten Pangandaran. Pemerintah provinsi Jawa Barat melalui gubernur berkomitmen untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan berupa gedung perkuliahan dan membantu sebagian biaya operasional agar standar mutu penyelenggaraan pendidikan di PSDKU Unpad Pangandaran tidak berbeda dengan kampus utama. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, serta penyediaan dan peningkatan kualitas dosen menjadi perhatian utama Universitas Padjadjaran dalam menjaga mutu pendidikan di kampus PSDKU ini.

Namun demikian, peran serta dan kerja keras mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi diri selama mengenyam pendidikan di kampus ini, menjadi barometer keberhasilan ataupun peningkatan kinerja PSDKU Unpad Pangandaran. Mahasiswa harus mampu mengikuti era digital saat ini, sebagai contoh dalam hal belajar, mahasiswa diharapkan tidak hanya mengandalkan materi dosen di dalam kelas, tetapi bisa mengakses sumber pembelajaran dari internet atau sumber lainnya secara mandiri.

Hadirnya Unpad di Pangandaran

Konsiderasi awal Kabupaten Pangandaran dipilih sebagai tempat mendirikan PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama) Unpad adalah kabupaten termuda di Jawa Barat yang memiliki ragam potensi, namun di sisi lain memiliki Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) yang masih rendah. Maka dari itu, Unpad hadir untuk membangun Kabupaten Pangandaran melalui perantara akademik atau dari sisi pendidikan.

Penambahan kapasitas dalam sisi pendidikan harapannya dapat mendorong kemajuan Kabupaten Pangandaran serta memicu pertumbuhan dalam bidang lainnya seperti ekonomi, sosial, dan sebagainya. Dengan mengedepankan pembelajaran transformatif (transformative learning), proses pembelajaran ini memungkinkan peserta didik lebih dekat dengan kenyataan serta menumbuhkan pemikiran dan pengetahuan yang kritisreflektif.

Pelajaran yang sifatnya teoritis dapat secara langsung diaplikasikan di lingkungan sekitar, sehingga peserta didik dapat berkontribusi aktif memecahkan permasalahan di Kabupaten Pangandaran. Pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di PSDKU ini diarahkan pada pola integratif dan kolaboratif dengan para stakeholder sehingga menghasilkan sebuah entitas pendidikan yang dikelola secara profesional untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia khususnya di Jawa Barat secara berkelanjutan melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi.

PSDKU Pangandaran
Dsn. Sukamanah RT 04 RW 05
Ds. Cintaratu Kec. Parigi Kab. Pangandaran (46393)
Email: psdku.pangandaran@unpad.ac.id
Website: https://psdkupangandaran.unpad.ac.id

Lokasi Kampus

Ⓒ 2021 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | Universitas Padjadjaran