Laporan Shinta Ferliana

Dalam rangka melaksanakan salah satu visi Universitas Padjadjaran yang tercantum pada Renstra 2020-2024 yang berbunyi “Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat” yang dilandasi oleh Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”, memotivasi Unpad untuk mencapai reputasi dunia yang dibutuhkan untuk keberlanjutan eksistensi Unpad di tingkat internasional dalam menjamin kualitas Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka melaksanakan visi tersebut, salah satunya yaitu menjalin kemitraan luar negeri.

Hal ini tercermin pada acara seremonial antara Unpad dengan Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL) yang bersepakat untuk melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pada hari Selasa, 28 November 2023, bertempat di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Kampus Dipati Ukur, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung. Cooperation Agreement ini ditandatangani oleh kedua belah pihak yaitu Rektor Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE., dengan Rektor UNTL, Prof. dr. Joāo Soares Martins, MPH, Ph.D.

Ruang lingkup kerjasama yang akan dilaksanakan di kedua belah pihak yaitu di bidang penelitian, pertukaran pengetahuan, inovasi ilmiah dan teknologi, pertukaran mahasiswa, tenaga pendidik, peneliti, dan staf teknis-administrasi; berpartisipasi dalam program-program internasional, promosi diseminasi kajian, penyelenggaraan dan pelaksanaan kongres, seminar, dan sejenisnya; serta fasilitasi pertukaran terbitan berkala, monograf, disertasi, tesis, serta karya dan hasil ilmiah lainnya yang diperluan untuk meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi yang dapat dikembangkan bersama.

Diharapkan dengan terjalinnya kerja sama diantara kedua lembaga ini dapat mendukung tercapainya indeks kinerja utama yang lebih baik, mampu mendukung dan meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermutu, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di kedua belah pihak di masa mendatang.