Laporan Shinta Ferliana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (FISIP Unpad) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (FISIP Unmul) bersepakat untuk melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan kemitraan strategis pada 7 (tujuh) Program Studi di FISIP Unpad serta 10 (sepuluh) Program Studi dari FISIP Unmul, pada hari Selasa, 28 November 2023, bertempat di Kampus Jatinangor FISIP Universitas Padjadjaran. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Program Studi yang melakukan kerja sama dari FISIP Unpad, yaitu Program Studi S1 Administrasi Publik, S1 Hubungan Internasional, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Administrasi Bisnis, S1 Administrasi Bisnis PSDKU Pangandaran, S2 Administrasi Publik, S2 Kebijakan Publik, serta S2 Ilmu Pemerintahan. Sedangkan dari FISIP Unmul, kerjasama ini dilakukan oleh Program Studi S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Pembangunan Sosial, S1 Hubungan Internasional, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Bisnis, S1 Psikologi, S1 Pemerintahan Integratif, S2 Administrasi Publik, serta S2 Ilmu Pemerintahan.

Selain saling berbagi informasi di bidang akademik antar Program Studi dari kedua belah pihak, disampaikan pula informasi-informasi terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari Pusat Studi FISIP Unpad. Pusat Studi dari FISIP Unpad yang menghadiri kegiatan ini diantaranya yaitu dari Pusat Studi Administrasi dan Kebijakan Publik, Pusat Studi Keamanan dan Internasional, dan Pusat Studi Manajemen dan Pemerintahan Lokal dan Desa.

Diharapkan dengan terjalinnya kerja sama diantara kedua lembaga ini dapat mendukung tercapainya indeks kinerja utama yang lebih baik, mampu mendukung dan meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermutu, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di kedua belah pihak di masa mendatang.