Laporan Nuril –


FLC 2023 atau Fisip Leadership Camp 2023 merupakan program persamaan persepsi dan pengembangan keterampilan kepemimpinan bagi para pimpinan ormawa, para pembina ormawa, dan para ketua program penerimaan mahasiswa baru tingkat fakultas dan program studi. Diselenggarakan pada Jumat-Minggu, 11-13 Agustus 2023 di Hutan Pinus Pakawa, Desa Tarumaja, Kecamatan kertasari Kabupaten Bandung, pada kesempatan tersebut  Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan & Riset Prof. Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D, membuka acara FLC 2023 bersama dengan manajer dan para dosen pembina.

Pembukaan kegiatan FLC 2023 oleh Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan & Riset Prof. Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D, (foto by cg)

Dalam pematerian menghadirkan para pimpinan Fakultas; Dekan Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., M.Si., ,Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan & Riset Prof. Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D, ,Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Alumni Cecep Safaatul Barkah, S.Sos., M.AB., M.BA , hingga dosen yang membahas terkait dinamika ormawa di lingkungan Fisip Unpad.

Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata sebagai salah satu narasumber menyampaikan topik Kepemimpinan dan Organisasi yang sangat dinamis di Fisip Unpad. Sehingga penguasaan komunikasi sangat penting dalam kepemimpinan organisasi, mengingat baik pengurus maupun masyarakat organisasi adalah sekaligus rekan sendiri dalam konteks perkuliahan dan sosial.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi Team Building dan Problem Solving yang dipandu oleh Tim Fasilitator yang menghasilkan kesimpulan pada Persona Canvas dan The Starfish Model. Para pimpinan ormawa menganalisis kondisi ormawanya serta berbagai upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan problematika organisasinya.

Pada intimate sharing session bersama Pimpinan dan Dosen Pembina Ormawa, para peserta menyampaikan diskusi permasalahan di ormawa serta strategi kaderisasi organisasi mendatang.

Outcome yang diharapkan dari kegiatan ini adalah para pimpinan ormawa Fisip Unpad mampu memberikan ruh pada organisasinya sehingga organisasi memiliki value yang berpengaruh terhadap kaderisasinya. Terutama pada masa penerimaan mahasiswa baru merupakan kesempatan berharga untuk menunjukkan keunggulan organisasi sehingga menarik perhatian para mahasiswa baru untuk turut bergabung dan berkontribusi melalui keanggotaannya di ormawa.

Sebagai testimoni, para pimpinan ormawa senang adanya acara ini karena menjadi sarana diskusi dan bonding para pimpinan ormawa se-Fisip Unpad. Selanjutnya, diharapkan kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin agar membawa maslahat bagi banyak orang.

Link Foto-Foto Kegiatan Fisip Leadership Camp 2023 klik DISINI