Laporan Marsha Aulia –

Kamis, 13 Oktober 2022. Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melakukan kegiatan Kuliah Tamu dengan Tema The Challenges of Green Finance and Its Fintech Solution. Terdapat 2 pembicara pada kuliah tamu ini, yaitu Dr. Ramona Blanes sebagai Dosen Senior di Adam Smith Business School, University of Glasgow, Dr. M. Benny Alexandri sebagai Dosen di Departemen Administrasi Bisnis FISIP Unpad dan Moderator pada kegiatan ini yaitu Nurillah J. A. Novel, MBA sebagai Dosen di Departemen Administrasi Bisnis FISIP Unpad.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Gedung A, Ruang Seminar FISIP Unpad dan melalui Zoom. Selama kegiatan, Dr. Ramona Blanes memberikan paparan terkait dengan The Challenges of Green Finance and its FinTech Solutions:Case of Asia. Berdasarkan dari pemaparannya bahwa FinTech mendukung penerapan green finance dimana dengan adanya teknologi dalam aspek keuangan maka membantu mengurangi aspek dampak tidak baik terhadap lingkungan. Hal ini mendukung sustainable finance dalam ranah faktor lingkungan, sosial dan governance.

Selanjutnya pada pemaparan Dr. M. Benny Alexandri menjelaskan terkait Green Finance: Case in Indonesia. Berdasarkan dari pemaparannya, didapatkan bahwa saat ini yang menjadi isu utama di Indonesia adalah mengembangkan pembangunan rendah karbon. Hal ini dapat terdukung dengan adanya perusahaan Fintech yang mendukung green finance sehingga tercapainya SDGs.

Seluruh pemaparan pada kegiatan ini memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman yang bernilai terkait dengan green finance dan fintech bagi civitas akademika di lingkungan Departemen Administrasi Bisnis FISIP Unpad.