Pelatihan Persiapan Purna Tugas (PPPT) – Kerjasama Antara PBIK dan PT. KAI

Laporan Imam Suwandi

[fisip.unpad.ac.id, 15/7/2021] 7-8 Juli 2021 berlangsung kegiatan Pelatihan Persiapan Purna Tugas (PPPT) yang dilaksanakan secara Full Online atau daring, yang merupakan Batch atau Angkatan ke-4, dimana sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak 3 Angkatan yang dilakukan secara hybrid (Pemateri & Narasumber melaksanakan kegiatan secara offline, dimana Angkatan 1 bertempat di hotel Cordelia, sedangkan Angkatan 2 & Angkatan 3 bertempat di Ruang Seminar Dekanat FISIP Unpad, dan peserta melaksanakan kegiatan secara online di rumah ataupun di tempat kerja masing-masing). Kegiatan PPPT Angkatan 1 dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2021, Angkatan 2 dilaksanakan pada tanggal 8-9 Juni 2021, dan Angkatan 3 dilaksanakan pada tanggal 23-24 Juni 2021.

Tim kegiatan ini terdiri dari Dr. Widya Setiabudhi, MT., M.Han sebagai Dekan FISIP Unpad sebagai Penanggung jawab, Dr. Herwan Abdul Muhyi, M.Si sebagai Kepala Pusat Studi Pengembangan Bisnis dan Industri Kreatif, Prof. Dr. Sam’un Jaja Raharja sebagai ketua pelaksana,  Dr. Ratna Meisa Dai, S.Sos., M.Si. sebagai Moderator dan Panitia, Rani Sukmadewi, S.AB., M.AB., sebagai Moderator dan Panitia, Risa Aretha, S.Tr.AKP. sebagai MC dan Panitia, Imam Suwandi, S.E., M.AB. sebagai Operator Zoom dan Dokumentasi.

Dalam acara tersebut Bapak Dr. Widya Setiabudi Sumadinata selaku Dekan FISIP Unpad memberikan sambutan dimana beliau mengatakan bahwa “Purna Bakti adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa kita hindari, mau tidak mau akan dihadapi, kadang2 kita tidak siap untuk meninggalkan sesuatu yang sudah bertahun-tahun kita laksanakan dimana kita mencintai pekerjaan ini, Ada tiga hal untuk menghadapi masa purna bakti, yang pertama adalah kesehatan, yang kedua adalah Psikis atau Psikologi, yang ketiga adalah factor ekonomis atau finansial.

Ketiga hal tersebut harus dikelola secara baik, kesehatan harus tetap dijaga, secara psikis kita tidak menderita dan tidak keteteran secara ekonomi. Pelatihan ini diharapkan memberikan perspektif bagaimana mengelola masa purna tugas sehingga dapat dilalui dan dikelola dengan baik”. Selain itupula acara dibuka oleh Bapak Handy Purnama selaki Corporate Director Training and Education PT. KAI, beliaupun memberikan beberapa sambutan “Peralihan-peralihan didalam kehidupan harus kita siapkan agar smooth, dari yang biasa menikmati kesibukan kita, dan sekarang kita harus mengalami masa purna tugas dimana kita akan kehilangan masa-masa sibuk kita dalam bekerja. Dalam pelatihan ini kita diberikan cara atau sharing bagaimana mengelola semangat, bagaimana mengelola kesehatan, dan bagaimana kita mau untuk berwirausaha yang akan sangat bermanfaat untuk teman-teman karyawan di PT. KAI”.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam bentuk ceramah, sharing dan diskusi. Kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama antara antara Pusat Studi Pengembangan Bisnis dan Industri Kreatif FISIP Unpad (PBIK) Dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dengan mengundang berbagai narasumber yang ahli di bidangnya. Para narasumber dari kegiatan pelatihan ini terdiri dari:

  1. Narasumber Psikolog yaitu Ibu Zahrotur Rusyda Hinduan ,S.Psi., MOP, Ph.D. yang merupakan Dekan Fakultas Psikologi Unpad dengan materi mengenai “Bahagia di masa Pur na Tugas” .
  2. Narasumber Ahli Gizi yaitu Ibu dr. Siska Wiramihardja, M.Kes., Sp.GK. yang merupakan Dokter Spesialis Ahli Gizi Klinik dengan materi mengenai “Pola Hidup Sehat”.
  3. Narasumber Ahli Keuangan yaitu Bapak Enggar Pambudi, S.Sos, M.M., Bapak Taufiq Sapril Hidayat dan Ibu Crisha Destiana dari BNI dengan materi “Mengelolaan Keuangan di masa Purna Tugas”
  4. Narasumber Praktisi Bisnis yaitu Ibu Ina Wiyandini yang merupakan salah satu entrepreneur sukses dan juga owner InaCookies dengan materi “Kisah Sukses Pengusaha”