Penjajakan Kerja Sama antara LAN, Politeknik STIA LAN, dan FISIP Unpad

Laporan Imam Suwandi

Penjajakan Kerja Sama antara LAN, Politeknik STIA LAN, dan FISIP Unpad

[fisip.unpad.ac.id, 6/4/2021] Pada hari Kamis (3 Juni 2021) pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Seminar Lt. 2 Gedung Dekanat FISIP Unpad (Kampus Jatinangor), telah diselenggarakan kegiatan Penjajakan Kerja Sama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran dengan LAN dan Politeknik STIA LAN Bandung dalam rangka tindak lanjut  Nota Kesepahaman antara Universitas Padjadjaran dengan Lembaga Administrasi Negara tentang Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, Nomor: 126/UN6.RKT/MoU/2021 dan Nomor: 2/K.1/HKM.03.1 serta Nota Kesepahaman antara Universitas Padjadjaran dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dengan Nomor: 2/UN6.RKT/MoU/2020 dan Nomor: 12/STIA.2.1/SDS.02.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas, yaitu Dekan, Wakil Dekan II, serta Manajer Riset, Inovasi, dan Kemitraan FISIP Unpad; serta oleh perwakilan pimpinan dari LAN dan STIA LAN Bandung dan jajarannya.

Penawaran kerja sama yang dilakukan oleh LAN dan STIA LAN pada FISIP Unpad yaitu terkait bahwa LAN yang merupakan lembaga yang memiliki tugas, khususnya di Unit Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang), diantaranya yaitu pelaksanaan pelatihan dan pengembangan ASN, pelaksanaan pengkajian inovasi pengembangan instrument di bidang pemetaan kompetensi ASN, pelaksanaan pemetaan kompetensi ASN, serta pelaksanaan urusan perencanaan, keuangan, SDM dan umum; maka menawarkan pelatihan-pelatihan tersebut pada FISIP Unpad yang terbuka bagi seluruh sivitas akademika di lingkungan FISIP Unpad. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pembuatan program kegiatan, program magang, program kurikulum, program kompetensi sertifikasi, yang akan dilakukan dengan lebih detail lagi pada pertemuan selanjutnya.

Diharapkan dengan terbentuknya kerja sama ini akan sangat berpengaruh bagi pembangunan bangsa dan Negara, serta semakin meningkatkan kapasitas sumber daya ASN di Indonesia.