2 Mahasiswa FISIP Program Studi Antropologi Berhasil Didanai dalam Program PKM Riset.

 

by Shafa Salsabila on May 20

5 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang berada dalam satu tim terdiri dari 2 orang mahasiswa FISIP Unpad yakni Fathimah Shidqi dan Faishal Muhammad Shiddiq jurusan Antropologi 2019 dan FTG Unpad yakni Benedictus Beryl Franklyn Maspaitella, Hilfi Taufiqul Rahman, Moh. Fahrul Yahya jurusan Teknik Geologi 2018 berhasil didanai oleh Kemendikbud melalui Program Kreatifitas Mahasiswa – Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) dengan judul “Analisis Longsor Cimanggung Berdasarkan Pengetahuan Lokal dan Kerentanan Gerakan Tanah”. Mereka memilih judul tersebut karena pada Januari, Fathimah pernah menjadi relawan pada saat longsor di Cimanggung serta memilih untuk menggabungkan pengetahuan lokal yang dilihat dari aspek Antropologi dan kerentanan Gerakan tanah yang dilihat dari geologinya. Oleh sebab itu, 3 orang anggota PKM-RSH yakni mahasiswa jurusan Teknik Gologi.

Pada awalnya, tidak ada ekspetasi bahwa PKM-RSH akan lolos dan didanai. Untuk mempersiapkan proposalnya saja, mereka memiliki waktu sekitar 3 minggu menuju batas akhir pengumpulan proposal di website Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Simbelmawa) pada 23 Maret 2021. Selain itu, terdapat banyak tim yang mengajukan proposalnya dengan judul yang sangat menarik. Hal tersebut membuat tim merasa minder. Tetapi, karena kegigihan dan bantuan masukan dari dosen pembimbing Dr. Dra. Selly Riawanti, M.A. mereka dapat melalui semua prosesnya dan berhasil berbuah baik.

Tentunya, setelah dinyatakan akan didanai oleh kemendikbud, mereka harus melaksanakan penelitian yang dimulai pada 1 Juni 2021. Penelitian tersebut akan berlangsung selama 4 bulan dan selama penelitian terdapat Pemantauan dan Evaluasi (Monev) pada akhir Juli mendatang. Harapan tim, bahwa  tidak hanya didanai tetapi juga penelitian mereka berhasil masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Selain itu, mereka berharap, kedepannya baik FISIP maupun Unpad lebih banyak mengirimkan proposal ke dalam kegiatan PKM ini. Selain mengharumkan nama Universitas Padjadjaran, juga dapat meningkatkan kemampuan dalam diri. Faktanya di tahun ini, terdapat 47 PKM yang berhasil didanai dalam program PKM. Dengan kata lain, mereka berharap terdapat generasi penerus yang lebih banyak lagi dalam bidang Program Kreatifitas Mahasiswa untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan.