Yumni Alumni H.I Unpad: Sejak Mahasiswa Membiasakan Diri Berpikir Kreatif

Nama saya Yumni Rizqika Ahlina, merupakan alumni angkatan 2016 dari Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran. saya lulus tahun 2020 tepatnya di bulan Januari. Saya menempuh 3,5 tahun perkuliahan dengan perjuangan yang cukup challenging, pada saat itu saya lulus dan wisuda hanya dengan 2 orang teman lainnya dari Jurusan yang sama.
inspirasi alumni fisip yumni
Foto Yumni Prosesi Wisuda
Sekarang (mulai awal 2020) saya bekerja di Perusahaan Periklanan Global Terbesar yakni di bawah WPP Group tepatnya di Mindshare Indonesia, perusahaan Group M. Posisi saya adalah Content and Innovation Team, tepatnya KOL and Publisher Specialist.

Menurut saya yang baru bekerja beberapa bulan di perusahaan ini, sejumlah keunggulan dari perusahaan ini adalah:
– Best Agency in the world
– part of WPP group plc (1st level of Big four of advertising company )
– represent actoss 31% of all media across 80 market all over the world
– Lingkungan kerjanya sangat nyaman dan friendly
– Prioritizing pengembangan diri dari para pekerjanya termasuk wellness dari setiap individunya

Saya baru bekerja selama 7 bulan, dan banyak sekali pengalaman pengalaman seru yang saya dapatkan dari pekerjaan saya. saya belajar bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik, multitasking, menjadi innovatif karena saya harus terus menggali ide bagaimana menunjang agar konten iklan itu bisa berkualitas tinggi dan dapat di terima oleh masyarakat banyak. tak hanya itu skill presentasi saya jadi terasah berikut adalah cerita saya

Saat pertama kali saya mengikuti interview Group M indonesia program media master, tepatnya waktu itu saya mengikuti Campus Hiring di salah satu kampus di bandung, saya bertemu dengan banyak unpredictable moment, yang secara ajaib saya bisa meraih score tertinggi pada saat seleksi itu.. mulai dari Psikotes, FGD, QnA session hingga Interview.

Pada saat pertama saya bekerja status saya masih trainee waktu itu. trainee untuk 3 bulan sebelum penempatan, jujur sekali saya minder karena ternyata angkatan saya semuanya adalah 2015, lalu kita di ajarkan beberapa materi dasar, do and don’ts dan saya menyadari bahwa advertising and digital itu luar biasa luasnya, sehingga saya kemudian menjadi termotivasi untuk belajar dan belajar.

Pada saat saya bekerja yang paling challenging adalah work from home, dimana kita harus banyak belajar hal hal dasar termasuk menggunakan tools , setiap hari ada presentasi juga tetapi hanya melalui online, itu luar biasa challenging tak jarang merasa penat dan agak tertekan. bukan bukan karena pekerjaannya tetapi karena keadaan wfh yang membuat saya menjadi terbatas untuk berkomunikasi.

Lalu setelah penempatan saya berada di content team saya bertemu tim yang sangat dinamis . saya harus bisa mengapproach artis, kenal dengan para media dan publisher serta bagaimana untuk menjalin hubungan baik , saya juga harus innovative karena iklan adalah sesuatu yang dinamis, tetapi karena medan itu lah.. saya menjadi sangat sangaat beruntung, karena saya bisa menemukan journey baru di dalam kehidupan saya yang ga pernah saya sangka sebelumnya. Kalau teman teman pernah nonton emily in paris? ya itu adalah pekerjaan saya seperti itu, cuma bedanya saya masih di Indonesia.

Selain bekerja di perusahaan, saya juga merupakan seorang Content Creator dengan youtube channel saya Diorama Channel dan podcast saya yaitu SECUKUPNYA podcast , temanya adalah self healing dan self improvement issues.

Pembelajaran di Fisip unpad menunjang skill komunikasi saya, saya merasa yang saya dapati dan masih relevan dengan pekerjaan saya adalah bagaimana saya bisa berani untuk try something new, dan saya berani untuk berkomunikasi dan menata alur komunikasi serta being adaptable dengan lingkungan yang baru. sebab beberapa lomba yang saya ikuti, kegiatan ukm , kegiatan organisasi, hingga kegiatan saya menjadi MC di beberapa event itu menunjang softskill saya hingga sekarang.

Selanjutnya, hal penting yang perlu dikembangkan dari sejak mahasiswa adalah membiasakan diri berpikir kreatif. Berpikir kreatif juga itu apa yang saya dapati di jurusan saya, apalagi pekerrjaan saya ini relevan dengan Media Komunikasi Global sehingga saya memahami teori dengan baik dan sekarang saya melihat secara practical
Satu kunci yang bisa kita gunakan setelah lulus yaitu Berani Mencoba. Karena sarjana s1 berarti Sarjana yang siap di bentuk.. untuk menjadi siap kita harus berani.

Tips Melamar Kerja Dari Yumni Alumni FISIP

Beberapa Tips melamar kerja dan mengikuti tahapan proses seleksi kerja dari aku :
yang harus di persiapkan :

a. kesiapan mental : karena bekerja berarti bersiap untuk menghadapi lingkungan yang professional
b. CV with good format : Cv tidak bertele tele dan panjang seperti cerpen. menampilkan keahlian kita dan achivements yang relevan dengan pekerjaan yang kita mau karena HR punya lebih dari 100 CV untuk di baca
c. Portofolio ; recap dari bukti achievements kita, bisa berbentuk foto kegiatan atau sertifikat
d. dokumen dokumen lainnya : ijazah, transkrip nilai dsb

Situs yang menjanjikan sebagai platform mencari informasi kerja
– Linkedin
– Kalibrr
– website karir universitas : untuk website ini sebenernya kita bisa explore yaa

Persiapan proses tahapan kerja :
– Baju rapi , kadang HR tertarik untuk bertanya soal pakaian dan sebagainya. kita harus make sure bahwa memang kita niat untuk bersiap melakukan interview,

– Dalam mengikuti tes pastikan kita fokus 100 persen dan teredukasi dengan baik sebelumnya.

– Untuk menghadapi psikotes usahakan membaca berbagai jenis psikotes baik CBT maupun PBT tapi waktu itu aku menghadapi tes group m ini psikotesnya online jadi sejenis quiz begitu

– Ketika FGD anda harus balance antara mendengarkan opini orang dan beragument karena sebetulnya what matters is consistency . how we listen and how we responding. dan beberapa company punya kecenderungan . kalau company group m karena saya sudah research maka saya berusaha se innovative mungkin pada saat fgd tetapi juga aktif untuk mendengarkan dan approach other members of team.

– Interview : pada saat interview kita harus bisa menyampaikan jawaban yang compact tetapi lengkap. jangan terlalu bertele tele dan bisa menjadikan interviewer happy dengan jawaban kita dan semakin penasaran. kita harus peka juga membaca mood interviewer.

Selain itu being honest. jawablah dengan yakin dan jujur tetapi juga di sesuaikan dengan tata krama menjawab yang baik.

Berikut yang dapat saya sampaikan, sukses selalu Fisip Unpad Almamater tercinta. (HW/Humas/2020)