Dies Natalis ke-62, FISIP Unpad akan Optimalkan Peran Alumni

13 Oct 2020, 12:21 WIB | Lia Elita

widya-sumadinata-dekan-fisip-unpad
FISIP Unpad rayakan Dies Natalis ke-62. Dalam pidatonya, Dekan FISIP menyampaikan pentingnya mengoptimalkan peran alumni. | Youtube Humas FISIP Unpad

KETIKUNPAD – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan acara Dies Natalis ke-62 pada Selasa, 13 Oktober 2020. Fakultas ini mengangkat tema

Berkolaborasi dan Berkarya untuk Tatanan Baru Bangsa

pada ulang tahun kali ini.

Dekan FISIP Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata dalam pidatonya menyampaikan, memasuki usia yang ke-62, FISIP memiliki berbagai prestasi yang telah diraih oleh para civitas akademikanya, termasuk para alumni. “Di mana pun kita berada tentu saja prestasi kita ini merepresentasikan Universitas Padjadjaran pada umumnya dan FISIP Unpad pada khususnya,” katanya.

Karena itu, Widya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan perhargaan setinggi-tingginya kepada seluruh civitas akademika FISIP. “Selama ini tak henti-hentinya berupaya bersinergi untuk memberikan prestasi terbaik bagi almamater tercinta, Universitas Padjadjaran,” tutur Widya.

Widya melanjutkan, alumni FISIP Unpad jumlahnya ribuan dan tersebar di seluruh pelosok negeri. Ada pula yang sudah menduduki jabatan-jabatan penting  di pemerintahan. Hal itu dilihat sebagai potensi yang bisa dimanfaatkan oleh Unpad, khususnya FISIP.

“Tentu ini merupakan potensi, tapi saya melihatnya potensi ini belum optimal. Kalau bisa optimal, bayangkan Unpad dengan sekian program studi, betapa potensi alumni ini luar biasa,” terang Widya.

“Sekarang kita tahu prestasi FISIP, Unpad, sudah bagus. Tapi bayangkan kalau segenap potensi ini bergerak naik saja 10 persennya,” lanjutnya.

Widya pun yakin hal ini sebetulnya bisa diraih. “Tidak ada yang tidak mungkin, selama kita mau mengoptimalkan potensi yang kita miliki,” ungkapnya.

Hal ini juga, tambah Widya, merupakan kritik agar ke depannya FISIP semakin mengintensifkan dan memiliki program-program yang lebih tepat untuk memuliakan para alumni. “Mengintegrasikan mereka dalam kegiatan tri dharma kita, mau di pengajaran, riset, pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Dengan begitu, alumni diharapkan menjadi ujung tombak. “Alih-alih mengandalkan mitra-mitra lain, tapi mereka alumnus kita inilah yang justru akan memiliki tingkat kesadaran yang lebih besar,” ujar Widya.

Peran alumni yang perlu dioptimalkan ini, lanjut Widya, merupakan hal yang perlu direalisasikan. “Saya optimis ke depan di bawah kepemimpin Bu Rektor kita akan mengoptimalkan peran alumni. Tugas kita adalah mentransformasikan keunggulan ini menjadi suatu yang real,” terangnya.

Optimalisasi peran alumni juga menurut Widya akan membantu tercapainya cita-cita Unpad. “Tantangan kita ke depan adalah me-real-kan potensi ini menjadi sesuatu yang nyata sehingga tercapai apa yang kita cita-citakan, Unpad yang bermanfaat dan mendunia,” kata Widya.