Menghadapi Edukasi di Era Pandemi, Mahasiswa Wajib Membangun Mental yang Sehat

Laporan Hw /H.F.U

fisip orasi pmb 2020
Pemaparan Prof. Dr. Arry Bainus dalam acara Orasi PMB FISIP Unpad 2020

[fisip.unpad.ac.id, 31/8/2020] Rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik yang diselenggarakan selama 3 hari ditutup dengan acara webinar nasional internasional collaborative governance. Kegiatan ini diselenggarakan melalui kerjasama sinergi antara BEM FISIP UNPAD melalui kegiatan ORASI-nya, dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pembicara pertama pada kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Arry Bainus mengingatkan kepada mahasiswa FISIP Unpad angkatan 2020 untuk membangun pemikiran secara global dan kosmopolitan namun tetap berperilaku atau melakukan aksi-aksi berbasis kearifan lokal.

Hal ini penting mengingat setiap mahasiswa saat ini sudah menjadi warga negara global berkat kecanggihan teknologi informasi dan internet sehingga perlu terus dibangun wawasan global dan semangat untuk berkinerja di atas rata-rata mahasiswa lainnya, guna menunjang tercapainya kompetensi yang disyaratkan oleh revolusi industry 4.0

Pada kesempatan yang sama Dr. Budi Muhammad Taftazani membahas tentang kesehatan mental mahasiswa. Menurutnya setiap mahasiswa harus menjaga sendiri kesehatan mentalnya khususnya dalam menghadapi pola belajar jarak jauh yang berpotensi mengurangi interaksi langsung dengan para pendidik di kampus. Beragam metode dan tehnik relaksasi dan upaya pengurangan stress belajar sejak dini perlu terus didalami dalam upaya mahasiswa menjaga kesehatan mentalnya.

panelis orasi pmb 2020

Dua pembicara lainnya, yaitu Dr. Dra. Bintarsih Sekarningrum, M.Si. dan Erna Herawati, S.Ant.,M.A., Ph.D juga tidak kalah bersemangat mengupas bagaimana isu kondisi pandemic ini, khususnya dalam konteks pendidikan dan melalui kacamata keilmuan sosiologi dan antropologi.

Pelaksanaan webinar ini disambut secara antusias oleh mahasiswa FISIP Unpad 2020 di mana hal ini terlihat dari jumlah audience yang melebihi 700 dan juga banyaknya jumlah komentar positif yang yang masuk melalui kolom chat aplikasi steamyard. Tersirat harapan bahwa rangkaian Program Penerimaan Mahasiswa Baru dapat memberikan bekal yang baik bagi mahasiswa untuk mengarungi proses pembelajaran di di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran