Membangun Kompetensi Era Revolusi Industri dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Laporan HW/HumasFisipUnpad

PKM Program Kreativitas mahasiswa fisip unpad

[fisip.unpad.ac.id,10/09/2020] Kampus atau Perguruan Tinggi, seyogianya adalah kawah candradimuka untuk mencetak calon professional berkualitas yang akan mampu melanjutkan roda pembangunan pada umumnya, dan mampu meraih prestasi di dunia industry pada khususnya. Masa menjadi mahasiswa adalah periode terbaik untuk membangun kompetensi diri, sekaligus menyiapkan diri menghadapi kerasnya era revolusi industry 4.0.

Maka Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu jalan untuk membangun keterampilan, wawasan sekaligus kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan, seperti dikutip dalam pengantar pedoman penulisan proposal PKM berikut ini:

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru.

Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salahsatu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.
PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proporsal yang diunggah mahasiswa.

Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030.

PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan, oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif.

Dengan hadirnya bidang PKM-GFK, maka pada Pedoman PKM 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni: 1) PKM 5 Bidang; 2) PKM-KT dan 3) PKM-GFK Tim Kemahasiswaan Fisip Unpad, bekerja sama denga BEM KEMA dalam hal ini terus mengupayakan peningkatan jumlah mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini. Tersirat harapan besar bahwa untuk tahun 2020 ini, mahasiswa Fisip Unpad dapat menembus babak final kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa ini.