Workshop Mata Kuliah HITS 2017 FISIP UNPAD

Pada hari Selasa 25 di ruang aula dekanat FISIP UNPAD, dilakukan workshop mata kuliah HITS untuk disampaikan pada semester pertama tahun akademik 2017/2018. Workshop dimulai dengan pengarahan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama. Berikut beberapa arahan dari Dr. Santoso Tri Raharjo, S.Sos., M.Si

“Sebenarnya mata kuliah ini sudah biasa disampaikan diberbagai prodi, namun demikian setiap tahun diupayakan ada perbaikan dalam upaya penyampaiannya. Sebagai contoh, penyelenggaraan tahun ini, adalah evaluasi dari tahun 2016, yang diberikan melalui skema satu SKS. Pada tahun ini, beberapa mata kuliah digabung menjadi satu, sehingga SKS bisa membesar menjadi dua SKS, kecuali OKK yang berbobot 3 SKS”

“Khusus mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, merupakan upaya penguatan pada sisi literasi. Hal ini juga sekaligus upaya integratif peningkatan karya ilmiah civitas Universitas Padjadjaran pada umumnya. Secara umum, jumlah publikasi telah meningkat, namun demikian jika tidak dipertahankan melalui program yang baik dan berkesinambungan, maka trend ini dikawatirkan akan tidak stabil dan menurun”.

Selanjutnya, menurut  Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama Publikasi karya ilmiah, sebaiknya didorong melalui program sarjana, sehingga tidak fokus kepada mahasiswa pasca saja. Hal ini perlu dilakukan dengan cara yang FUN (menyenangkan). Beragam metode pembelajaran, perlu dikembangkan sehingga menjadi proses belajar yang berintegrasi dengan tridarma, yaitu proses penelitian dan pengabdian masyarakat.

Artinya, menjadi tantangan bagi setiap dosen untuk mengembangkan pola penyampaian mata kuliah di kelas, yang sekaligus dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Mata Kuliah HITS, harus menjadi Mata Kuliah yang produktif, sehingga bisa menghasilkan karya ilmiah yang terpublikasi, seperti buku yang ber-ISBN.

Semoga melalui workshop ini, terhasilkan program pembelajaran terbaik sebagai pembekalan terbaik bagi mahasiswa untuk mengarungi semester selanjutnya.

(Laporan Oleh Hery W &Imam S)