SPM Unpad Gelar Pelatihan Sertifikasi Asesor Akreditasi Internal Batch 2

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Padjadaran menggelar Pelatihan Sertifikasi Asesor Akreditasi Internal di Lingkungan Unpad Batch 2 di Hotel Aston Primera Pasteur, Senin (1/08) dan Selasa (2/08) besok. Kegiatan ini diikuti oleh 47 peserta yang merupakan Auditor Internal dan Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas di Lingkungan Unpad yang belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya.

Suasana Pelatihan Sertifikasi Asesor Akreditasi Internal di Lingkungan Unpad Batch 2 di Hotel Aston Primera Pasteur, Senin (1/08). Pelatihan akan berlangsung dua hari hingga Selasa besok. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Suasana Pelatihan Sertifikasi Asesor Akreditasi Internal di Lingkungan Unpad Batch 2 di Hotel Aston Primera Pasteur, Senin (1/08). Pelatihan akan berlangsung dua hari hingga Selasa besok. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ditemui di sela acara, Kepala SPM Unpad, Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, mengungkapkan bahwa pelatihan ini digelar untuk meningkakan mutu pendidikan tinggi yang ada di Unpad, dan untuk meningkatkan kompetensi para Auditor yang ada di Unpad agar menjadi setara Asesor.

“Dari asesor-asesor yang lulus sertifikasi ini, mereka nanti akan ditugaskan untuk mendampingi prodi bersama asesor BAN PT yang ada di Unpad. Jadi berpasangan, sambil kita melakukan  kaderisasi,” ujar Dr. Funny.

Dengan demikian,  saat melakukan pendampingan ke program studi, para peserta sudah paham mengenai parameter-parameter prodi yang bermutu. Selain itu, kegiatan ini juga digelar untuk menjaring jumlah Asesor Internal di lingkungan Unpad yang kompeten sesuai keahliannya. Diharapkan dari pelatihan ini dapat terjaring peserta yang telah memenuhi kualifikasi untuk direkomendasi dan dilamarkan oleh SPM Unpad menjadi Asesor Eksternal (BAN PT) yang berkiprah di tingkat Nasional.

“Kita juga ingin memilih calon-calon Asesor yang akan kita lamarkan ke BAN PT. Jadi jika dari para peserta yang lulus ini ada yang memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh BAN PT, nah kita akan dorong mereka untuk masuk,” ungkap Dr. Funny.

Adapun pelatihan serupa digelar dalam 3 batch pada tahun ini, dimana Batch 3 akan digelar akhir tahun 2016 mendatang. Pada Pelatihan Asesor Batch 1 yang digelar beberapa waktu lalu, SPM Unpad telah meluluskan sebanyak 18 Asesor Internal dari 35 peserta yang telah mengikuti pelatihan.

Dalam pelatihan ini, selain mendapatkan pemaparan materi dari para pembicara, para peserta juga langsung melakukan praktik. Mereka dibagi menjadi 8 kelompok untuk melakukan simulasi silang dengan diberikan software instrumen Pengukuran dan Penilaian Borang Program Studi yang ada di lingkungan Unpad. Di hari pertama, peserta mendapatkan materi tentang pengukuran dan penilaian Borang Standar 3A (Program Studi) Standar 1-7, dan di hari kedua peserta mendapatkan materi mengenai Pengukuran Borang Standar 3B (Fakultas) Standar 1-7 dan evaluasi diri.*