Fasilitas

Fasilitas Bangunan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran menempati dua kampus yang terletak di Jatinangor dan kampus Jalan Bukit Dago Utara No. 25 Bandung. Kampus FISIP Jatinangor diperuntukkan bagi kegiatan pembelajaran Program S-1 dan kampus FISIP di Jalan Bukit Dagor Utara No. 25 Bandung diperuntukkan bagi kegiatan pembelajaran Program D-III dan Program Pasca Sarjana.

Kampus FISIP Jatinangor, memiliki prasarana gedung sebanyak 6 gedung  berlantai 2 sampai 3 lantai. Demikian pula  dengan Kampus FISIP Jalan Bukit Dago Utara No. 25, memiliki prasarana gedung sebanyak 6 gedung berlantai 1 sampai 2 lantai. Luas gedung di kedua kampus FISIP tersebut, adalah 13.507.61 m². Adapun fasilitas gedung di kedua kampus itu, terdiri atas ruangan-ruangan dengan fasilitas sebagai berikut:

 

  1. Ruang Tunggu Mahasiswa;
  2. Ruang Kuliah ber-AC yang dilengkapi whiteboard, LCD Proyektor dan OHP;
  3. Ruang Seminar ber-AC yang dilengkapi whiteboard, LCD Proyektor dan OHP;
  4. Ruang Rapat
  5. Ruang Pimpinan;
  6. Ruang Administrasi;
  7. Ruang Komputer/Internet dan Ruang Server;
  8. Perpustakaan dan Ruang Baca;
  9. Ruang Konsultasi;
  10. Laboratorium;
  11. Student Centre;
  12. Ruang Lobi;
  13. Mushola;
  14. Taman;
  15. Tempat Parkir;
  16. Gardu Listrik;
  17. Toilet;
  18. Gudang;
  19. Ruang Dapur;

Khusus di Kampus Jalan Bukit Dago Utara tersedia Laboratorium Bahasa Multimedia, Laboratorium Bahasa Konvensional, dan Laboratorium Perkantoran.

 

Perpustakaan

Perpustakaan FISIP baik yang ada di kampus Jatinangor maupun di kampus Bukit Dago Utara memiliki ruangan yang cukup representatif, sehingga dapat menopang proses pembelajaran. Luas kedua perpustakaan tersebut, adalah 558,56 m², yang dapat menampung buku sebanyak + 16.914 judul buku atau lebih kurang 25.000 Eksemplar serta sebanyak 90 judul jurnal ilmiah nasional dan tidak kurang dari 25 judul jurnal ilmiah internasional. Seluruh mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa FISIP secara otomatis menjadi anggota perpustakaan fakultas. Selain itu mahasiswa juga dapat menjadi anggota di Perpustakaan Pusat yang ada di Jl. Dipati Ukur 35 Bandung.

 

Sistem Informasi Akademik

FISIP Unpad telah mengembangkan sistem informasi akademik untuk menciptakan tertib dan disiplin administrasi di kalangan sivitas akademika.. Dengan bantuan sistem informasi ini, ketersediaan data dan informasi dapat diperoleh dengan mudah. Sistem informasi yang digunakan  terdiri atas: wireless  (hotspot) dan Website FISIP Unpad. Sistem Informasi Mahasiswa bersifat online yang didalamnya terdapat informasi mengenai biodata mahasiswa, status mahasiswa, mata kuliah, indeks prestasi dan indeks prestasi kumulatif, daftar prestasi mahasiswa, jadwal kuliah, dan jadwal ujian akhir semester. Pengembangan dan pengelolaan software yang terkait dengan sistem informasi itu, dapat dilakukan terus sejalan dengan kebutuhan akan sistem administrasi yang sifatnya untuk mengimbangi tuntutan pengembangan akademik.

 

Area hotspot di kedua kampus FISIP telah terpasang baik di ruang kelas maupun tempat-tempat umum sehingga memudahkan sivitas akademika mengakses jaringan. Adapun alamat website yang dimiliki oleh FISIP Unpad adalah http://fisip.unpad.ac.id