Sukses Menjadi Mahasiswa, Afina Syifa Biladina, Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial UNPAD 2017

Afina Syifa Biladina, Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial UNPAD 2017

Setiap anak mempunyai harapan dan cita-cita. Salah satu harapan yang diinginkan oleh seorang anak yaitu menjadi seorang mahasiswa. Untuk menjadi seorang mahasiswa tentunya membutuhkan proses dan perjuangan yang tidak ringan. Dengan kesungguhan dan ketekuan disertai doa, harapan tersebut bisa terealisasi.

Ketika seseorang menjadi mahasiswa, tanggung jawab yang diemban cukuplah berat, baik terhadap dirinya sendiri, keluarga, kampus, dan negara. Selain tanggung jawab yang harus diperhatikan, juga ketekunan dan kedisiplinan. Tanggung jawab merupakan perwujudan kesadaran akan kewajiban.

Sebagai mahasiswa, kita mempunyai kewajiban, salah satunya dimulai dari sendiri. Sebagai mahasiswa yang baik, sebelum bertanggung jawab untuk negara ini, terlebih dahulu betanggung jawab terhadap diri sendiri. Untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan cara belajar yang benar, mengatur waktu dengan baik, dan menentukan tujuan kuliah.

Hal penting lainnya yaitu disiplin terhadap jadwal yang telah dibuatnya sendiri, tidak membuang-buang waktu tetapi waktu dimanfaatkan dengan baik dan berusaha untuk produktif setiap waktu.

Harus kita sadari bahwa kita sebagai mahasiswa yang mempunyai kesempatan untuk maju menjadi lebih baik. Kemajuan itu bukan hanya untuk diri sendiri saja, tetapi yang lebih luas untuk bangsa ini, dengan cara kita harus memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat. Seberapa besarkah kita mengasilkan sesuatu yang baik untuk masyarakat, kita mempunyai amanah sebagai agen perubahan masyarakat, penjaga moral, dan pengembang ilmu

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah niat. Tentukan niat dari sekarang, seperti “mau jadi apa saya ke depannya?” “untuk apa saya kuliah?”. Niat yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Hal kedua yaitu usaha, tanpa hal ini semua yang kita niatkan hanyalah mimpi belaka. Berusahalah sesuai kemampuanmu bukan semaumu, jangan pernah berhenti berusaha. Ingat! ketika kita berusaha dengan sungguh-sungguh, hasilnya akan maksimal.

Hal yang ketiga adalah keyakinan. Tanpa keyakinan dalam menjalankan sesuatu maka semua akan terasa sulit dan tidak merasa nyaman. Jika kita yakin terhadap sesuatu yang kita lakukan maka kita akan percaya diri untuk menjalaninya. Tanamkan dalam hati kita “saya pasti bisa dan harus bisa!”. Positive thinking adalah sesuatu hal yang diperlukan karna positive thinking merupakan kunci keberhasilan. Jika kita berpikiran positif maka akan menghasilkan sesuatu yang positif.

Hal yang keempat adalah berdoa, jangan pernah melupakan berdoa, karena hal ini adalah fondasi utama untuk menuju kesuksesan. Doa adalah intisari dalam beribadah. Alah SWT akan senang ketika hambanya senantiasa berdoa, sebagai bukti bahwa keberhasilan akan terwujud jika melibatkan Allah di dalam keseharian kehidupan. Jika menginginkan hasil yang terbaik untuk kita, maka perbanyaklah doa, dalam arti memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Jika selalu mendekat kepada Allah SWT maka Allah pun akan lebih mendekat kepada kita, dengan kata lain “Jika kita mendekat kepada Allah SWT dengan cara berjalan maka Allah SWT akan mendekat kepada kita dengan berlari.”

Setelah berdoa, segala sesuatu yang kita usahakan hasilnya serahkan kepada Allah. Allah adalah sebaik-baiknya perencana dalam hidup kita. Jika ada sesuatu yang tidak memuaskan menurut pandangan kita bukan berarti itu adalah hal yang terburuk untuk kita. Apa yang menurut kita baik belum tentu menurut Allah baik sebagaimana tercantum dalam QS. Al Baqarah Ayat 216.

Hal lain yang perlu ditanamkan dalam diri kita, bahwa sukses itu tidak diukur dari posisi yang sudah  diraih tapi juga dari hambatan dan kesulitan yang berhasil diatasi. Sebagai mahasiswa yang berkualitas, nikmatilah belajar, jangan menghabiskan waktu untuk berkeluh kesah, jangan biarkan waktu berlalu tanpa diisi oleh hal-hal yang positif, tetaplah berdisiplin dengan berkomitmen pada perencanaan jadwal yang telah dibuat sendiri.  Jangan pernah takut untuk berbicara dan berubah agar menjadi lebih baik.

Hidup mahasiswa!

sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1236013/18/sukses-menjadi-mahasiswa-1504333509