Sosialisasi dan Pelatihan PKM (Program Kreativitas Masyarakat) oleh Manajer Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Unpad

Selama rentang waktu seminggu, sejak tanggal 7 September 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran telah mengadakan dua kali pelatihan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahassiwa. Hal ini dilakukan untuk mengejar target jumlah proposal mahasiswa pada Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2018.

Program pelatihan ini khususnya ditujukan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2017. Adapun isi pelatihan dititikberatkan pada filosofi dasar Program Kreativitas Mahasiswa, tantangan kehidupan lulusan perguruan tinggi di masa depan, dan secara lebih khusus adalah pengenalan beragam jenis program Kreativitas Mahasiswa.

Sepanjang acara mahasiswa terlihat antusias mengikuti penjelasan yang diberikan oleh Manajer Akademik dan Kemahasiswan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Pada sesi acara tersebut, juga diberikan beberapa kali simulasi (games) yang bertujuan untuk mengeluarkan sisi kreativitas terbaik dari mahasiswa. Sebagaimana diketahui bahwa program PKM memang menitikberatkan pada ide dan gagasan yang mengandung nilai kreativitas tertinggi.

Sejumlah rangkaian pengenalan maupun pelatihan pembuatan proposal Program Kreativitas Mahasiswa, direncanakan ada digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sepanjang bulan September ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tanggal penutupan akhir pengunggahan proposal.

Badan Eksekutif Mahasiswa maupun Himpunan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, juga tidak ketinggalan membuat berbagai program yang bertujuan untuk mengenalkan program Kreativitas Mahasiswa ini. Terbersit harapan bahwa FISIP UNPAD dapat meraih prestasi maksimal di ajang tahunan ini.

1. Pre event sosialisasi PKM
2. Sosialisasi Akbar PKM (18 september)
3. Mentoring PKM (pembimbingan, pengarahan, pendampingan kelompok dengan tutor mahasiswa yg berpengalaman di PKM) (september s.d November akhir)

(oleh: Hery.W/Imam.S Humas FISIP Unpad, 2017)