SOSIOLOGI

Program Sosiologi


Dra. Hj. R. Nunung Nurwati, M.S.

Dra. Hj. R. Nunung Nurwati, M.S.

Kepala Departemen

Dr. Hadiyanto A. Rachim, S.Sos., M.I.Kom.

Dr. Hadiyanto A. Rachim, S.Sos., M.I.Kom.

Ketua Program Studi

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21

Jatinangor, Sumedang

Telephone: 022-7798418/7796416

FAX: 022-7796974

e-mail: sosiologi@unpad.ac.id

Official Website: Sosiologi


Visi , Misi dan Tujuan

VISI

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan bidang sosiologi yang memiliki komitmen terhadap keunggulan dalam pembangunan dan lingkungan yang diakui secara internasional.

 

MISI

Misi Program Studi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang sosiologi untuk mengelola lulusan sarjana sosiologi yang memiliki daya saing secara moral maupun akademis di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu perkembangan masyarakat dalam lingkup lokal, nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  4. Melaksanakan manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dengan menerapkan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menjalin hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana sosiologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan teori-teori sosiologi isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  2. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang metode penelitian sosiologis isu-isu pembangunan dan lingkungan secara komprehensif dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  3. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki kemampuan analisis untuk mencarikan solusi terhadap isu-isu pembangunan dan lingkungan dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
  4. Terkelolanya mahasiswa sosiologi yang memiliki integritas, inovatif, peka terhadap fenomena sosial, memiliki daya saing dan daya juang, memiliki tanggung jawab moral dan jiwa kepemimpinan.
  5. Menghasilkan penelitian guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  6. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan sosiologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat umum.
  7. Terlaksananya manajemen pendidikan bidang sosiologi dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dan sistem manajemen pendidikan profesional bidang sosiologi yang berbasis transparansi dan akuntabilitas, yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional.
  8. Menghasilkan hubungan kerja sama secara berkesinambungan dengan lembaga akademik maupun pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan kemitraan dalam bidang sosiologi.