Setelah Pangandaran, Gubernur Jabar Ingin Unpad Juga Buka Kampus di Bekasi

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengaku kagum melihat proses pendirian Multi Kampus Universitas Padjadjaran di Pangandaran. Meski baru direncanakan setahun lalu, Unpad Multi Kampus di Pangandaran sudah bisa menerima mahasiswa baru pada tahun ini. Melihat hal tersebut, Gubernur menawarkan agar Unpad bersedia membuka multi kampus di Bekasi.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (tengah), Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, (kedua dari kanan), dan Ketua Ikatan Alumni Unpad, Hikmat, saat menyerahkan sumbangan buku kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, Sabtu (13/08). Foto oleh: Tedi Yusup)*

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (tengah), Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, (kedua dari kanan), dan Ketua Ikatan Alumni Unpad, Hikmat Kurnia, saat menyerahkan sumbangan buku kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, Sabtu (13/08). Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Rencananya, kampus Unpad Pangandaran ini akan hadir tahun 2017 yang akan datang, ternyata Pak Rektor luar biasa gesit, langung berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Bupati Pangandaran. Saya kaget ketika Pak Rektor menyatakan siap pada tahun 2016 ini menerima mahasiswa baru,” ujar Ahmad Heryawan, saat menghadiri pembukaan Supercamp 2016 yang diselenggarakan Unpad di Cimerak, Kab. Pangandaran, Sabtu (13/08).

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, perbandingan jumlah penduduk provinsi Jawa Barat dengan jumlah kampus negeri tidak sebanding. Di provinsi lain, ada yang jumlah penduduknya hanya 3-4 juta tapi memiliki 3 kampus negeri. Sementara di Jawa barat yang penduduknya mencapai 45 juta, hanya memiliki 5 kampus negeri.

“Makanya tadi saya bilang ke Rektor, tolong bangun juga Unpad di Bekasi. Yah kalo lihat dari gesturenya sih, Rektor kelihatannya siap,” ujar Gubernur.

Lokasi sementara Unpad Multi Kampus di Jln. Cikembulan, Kab. Pangandaran (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Lokasi sementara Unpad Multi Kampus di Jln. Cikembulan, Kab. Pangandaran (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, pun mengaku gembira menyaksikan proses pendirian Unpad Multi Kampus di Pangandaran yang tidak memakan waktu lama. Bupati berharap, kehadiran Unpad di Pangandaran dapat mendorong pembangunan di Pangandaran dan membawa Kabupaten Pangandaran sejajar dengan kabupaten maju lainnya di Jawa Barat dan Indonesia.

“Saya kaget Pak Gubernur, Pak Rektor datang ke sini 3-4 kali hanya dalam jangka waktu 2-3 bulan. Tiba-tiba beliau memberitahukan saya, nanti tanggal 18 Agustus sudah ada keputusan mahasiswa yang akan dimultikampuskan di Pangandaran. Ini luar biasa,” ujar Bupati.

Sementara Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, mengatakan, pada prinsipnya Unpad ingin mendorong pemberdayaan wilayah di Jawa Barat. Kehadiran Unpad di luar domisilinya ini bukan sekadar mendirikan program studi, melainkan upaya Unpad untuk turut berkontribusi mengembangkan wilayah.

“Contohnya di Kuningan sudah ada Universitas Kuningan, Unpad bantu dorong. Di Pangandaran karena belum ada, ya kita turun langsung bangun multi kampus. Bekasi, seperti kata Gubernur tadi, kita siap. Setiap daerah harus punya karena dengan provinsi yang jumlah penduduknya besar, potensinya juga besar, tidak mungkin hanya diatasi oleh kampus negeri yang ada saat ini,” ujar Rektor.*

Sumber : www.unpad.ac.id