Sebanyak 109 Calon Dosen Tetap Non PNS Unpad Selesai Jalani Pelatihan Bela Negara

Sebanyak 109 Calon Dosen Tetap NonPNS di lingkungan Universitas Padjadjaran mengikuti Pelatihan Bela Negara di Situ Lembang, 4 – 7 Agustus 2016 lalu. Peserta dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola Unpad Dr. Sigid Suseno, M.Hum., pada Kamis (4/08) dan kembali diterima secara resmi oleh Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Diana Sari, PhD, di Unpad Kampus Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Minggu (7/08).

Foto bersama para Calon Dosen Tetap Non PNS Unpad yang baru selesai menjalani pelatihan Bela Negara di halaman Gedung Rektorat Unpad Bandung, Minggu (7/08). Pelatihan berlangsung di Situ Lembang pada 4-7 Agustus 2016 lalu. (Foto oleh: Dadan T.)*

Foto bersama para Calon Dosen Tetap Non PNS Unpad yang baru selesai menjalani pelatihan Bela Negara di halaman Gedung Rektorat Unpad Bandung, Minggu (7/08). Pelatihan berlangsung di Situ Lembang pada 4-7 Agustus 2016 lalu. (Foto oleh: Dadan T.)*

Ditemui usai upacara penerimaan di lobi Gedung Rektorat Unpad Bandung, Diana mengungkapkan, pelatihan ini digelar dalam rangka mempersiapkan Calon Dosen Tetap untuk menjadi seorang pemimpin di lingkungan Unpad. “Mereka adalah calon pimpinan Unpad 5 sampai 10 tahun ke depan,” ujar Diana.

Guna mempersiapkan hal tersebut, kompetensi dan karakter seorang pemimpin mutlak harus dimiilki Calon Dosen. Diana menuturkan, karakter tersebut meliputi sikap kedisiplinan yang tinggi, mencintai tanah air, serta semangat esprit de corps (loyalitas terhadap organisasi). Ragam karakter tersebut diharapkan sudah terbentuk sejak awal menjadi calon dosen.

Selain dipersiapkan menjadi seorang pemimpin, calon dosen juga harus dibiasakan untuk berkolaborasi lintas fakultas/bidang ilmu. Hal ini, kata Diana, penting dilakukan dalam rangka mengimplementasikan konsep kolaborasi transdisiplin yang selalu digulirkan oleh Unpad.

“Ini momen yang baik untuk mewujudkan Unpad Ngahiji, Unpad Kahiji,” sambung Diana.

Adapun dalam pelatihan tersebut, Calon Dosen diberi pelatihan militer dasar, materi kepemimpinan, hingga simulasi pengambilan keputusan strategis. Pada Sabtu (6/08) malam, peserta juga diberikan pengarahan langsung oleh Anggota Majelis Wali Amanat sekaligus penggubah Himne Unpad, Iwan Abdurrahman.

Dalam upacara penerimaan tersebut, diumumkan juga tiga peserta terbaik. Tiga peserta terbaik tersebut ialah Samson CMS, S.Sos., M.I.Kom., Hilman Abdul Halim, M.AP., dan Rina Fajri Nurwada, M.Sc.*