Rektor Lantik 2.547 Wisudawan Unpad

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad melantik 2.547 lulusannya pada pelaksanaan Wisuda Lulusan Gelombang IV Tahun Akademik 2015/2016, di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, 2-4 Agustus 2016. Jumlah tersebut meliputi lulusan Program Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana, dan Diploma.

Rektor Unpad, saat menyampaikan pidato pada Wisuda Unpad Gelombang IV Tahun Akademik 2015/2016 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Selasa (2/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rektor Unpad, saat menyampaikan pidato pada Wisuda Unpad Gelombang IV Tahun Akademik 2015/2016 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Selasa (2/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Kepada seluruh wisudawan insan abdi masyarakat yang saya banggakan, kami titipkan nama baik Universitas Padjadjaran. Tetaplah menjalin tali silaturahim dengan almamater, agar kita bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara Indonesia,” kata Rektor dalam pidatonya.

Secara khusus, Rektor pun mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang. Wisudawan terbaik Program Doktor diraih oleh Sukiman dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, wisudawan terbaik Program Magister diraih Anissa Saraswati Raksanagara dari Prodi Manajemen (Sains) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, wisudawan terbaik Program Spesialis diraih oleh Prajna Metta dari Prodi Periodontik Fakultas Kedokteran Gigi, wisudawan terbaik Program Profesi diraih oleh Nurul Hidayah dari Prodi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi, wisudawan terbaik Program Sarjana diraih oleh Ayuni Cipta Dewi dari Prodi Peternakan Fakultas Peternakan, dan wisudawan terbaik Program D-III diraih oleh Fazlan Mualif dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selain itu, Unpad juga memberikan penghargaan kepada wisudawan tertua, Marleen Sunyoto dari Program Studi Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian, yang lulus pada usia 62 tahun 4 bulan, dan wisudawan termuda program Sarjana, Fatimah Alfritta Rindani dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang lulus pada usia 19 tahun 11 bulan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengungkapkan sejumlah gagasan terkait dengan pengembangan dan kemajuan Unpad, serta berbagai informasi tentang apa yang telah dilakukan Unpad dalam tiga bulan terakhir.

Salah satunya, adalah dalam upaya pengembangan inovasi. Rektor mengungkapkan bahwa pengembangan inovasi yang dilakukan haruslah dilandasi nilai-nilai etika tertentu yang mampu mengendalikan dan mengarahkan pengembangan inovasi untuk kemaslahatan masyarakat luas. Rektor pun mengutip pernyataan Kirsten E. Martin yang menyatakan bahwa inovasi antara lain dapat mempengaruhi banyak orang dan bahwa inovasi merupakan tanggung jawab bersama.

“Sebagai konsekuensi, Unpad berkeyakinan bahwa suatu inovasi perlu dilandasi oleh nilai-nilai etik yang menjamin bahwa inovasi tersebut tidak akan disalahgunakan atau berdampak negatif terhadap masyarakat luas. Sebaliknya, inovasi yang dikembangkan haruslah memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat luas. Kami menyebut inovasi yang berlandaskan nilai-nilai etika tersebut sebagai innovaethics,” papar Rektor.

Terkait dengan memperkuat peran Unpad dalam menjaga etika pengembangan inovasi, Unpad ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia sebagai satu dari empat perguruan tinggi negeri di Indonesia yang ditugaskan untuk mengembangkan Pusat Dukungan Teknologi dan Inovasi Nasional dalam rangka mendukung inovasi melalui akses teknologi dengan kemudahan memperoleh informasi dan data dari Pusat Data di World Intellectual Property Organization.

“Di lingkungan Universitas Padjadjaran, dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang dimiliki, yaitu ‘Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional’, riset-riset inovatif yang dikembangkan akan senantiasa didasarkan pada nilai-nilai etik dan filosofi yang terkandung dalam PIP tersebut,” kata Rektor.*

Lampiran:
– Pidato Rektor pada Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2015/2016

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Sumber : www.unpad.ac.id