CSR, KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Kepala Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial

Dr. Santoso Tri Raharjo, S.Sos., M.Si

Kepala Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial

Profil Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial & Pengembangan Masyarakat

 

Deskripsi

Pusat Studi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan Masyarakat/PS-CSR-KS-PPM (Center of Corporate Social Responsibilitiy, Social Entrepreneurship & Community Development) adalah lembaga yang mendedikasikan diri kepada pengembangan ilmu pengetahuan, baik melalui riset maupun kegiatan pengabdian pada masyarakat. Pembentukan PS-CSR-KS-PPM sesuai dengan kebijakan Universitas Padjadjaran melalui Peraturan Rektor Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pusat Penelitian dan Pusat Studi di Lingkungan Unpad. Berdasarkan Peraturan Rektor tersebut, maka segala aktifitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat harus berada dalam wadah Pusat Studi. Pusdi ini berdiri pada bulan awal Januari 2017, kemudian diperbaruai melalui Keputusan Rektor Nomor 132/UN6.G/2018 tentang Pengangkatan Kepala Pusat Studi FISIP UNPAD. Jika telusuri ke belakang, maka sebenarnya lembaga ini secara fungsi sudah melakukan aktifitas riset dan pengabdian pada masyarakat, yaiu sejak berdirinya Laboratorium Kesejahteraan Sosial pada tahun 1998. Berdasar pada perkembangan tersebut sesungguhnya telah banyak rekam jejak kerjasama, kajian dan karya yang dihasilkan oleh lembaga ini, baik yang level nasional maupun internasional.

Lingkup Kegiatan :

  • Riset dan Konsultasi

    Pemetaan Sosial (Social Mapping) Corporate Social Responsibility (CSR), Analisa Kebijakan Sosial, Community empowerment and community development, Studi Persepsi Masyarakat Sekitar Perusahaan, Penyusunan Rencana Strategis CSR, Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Perusahaan Tambang, Penyusunan Dokumen PROPER KLH, Monitoring dan Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat.

  • Pendikan dan Pelatihan

    Capacity Building, Team Work, Pelatihan Penyusunan Dokumen PROPER, Pelatihan Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal, Pelatihan Kewirausahaan Sosial , Workshop, Seminar.

  • Pemberdayaan Masyarakat

    Advokasi program CSR and partnership, Implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat, Pendampingan Program Pemberdayaan Masyarakat

  • Publikasi

    Publikasi Buku (ber-ISBN) terdiri dari UNPAD PRESS (link: http://press.unpad.ac.id/), Niaga Muda Press (https://niagamudapress.com/) dan ITB PRESS (link: https://www.itbpress.itb.ac.id/). Publikasi jurnal terdiri dari SHARE: Social Work Journal (link: http://jurnal.unpad.ac.id/share) ; PROSIDING: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (link: http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding) dan Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial (link: http://jurnal.unpad.ac.id/focus)

Organisasi

 

Santoso-Tri-Raharjo

Dr. Santoso Tri Raharjo, M.Si

Ketua Pusat Studi / Head of Centre

+6281320798295
santoso.tri.raharjo@unpad.ac.id
Sahadi-Humaed

Sahadi Humaedi, S.Sos., M.Si.

Penanggung Jawab (PIC) Riset dan Konsultasi / Research and Consultation

+6282215381084
sahadi.humaedi@unpad.ac.id
Maulana-Irfan

Maulana Irfan, S.Sos., M.I.Kom.

Penanggung Jawab (PIC) Pelatihan dan Seminar / Training and Seminar

+6282215381084
sahadi.humaedi@unpad.ac.id
Rudi-Saprudin-Darwis

Dr. Rudi Saprudin Darwis, M.Si

Penanggung Jawab (PIC) Pemberdayaan Masyarakat / Community Empowerment

Nurliana-Cipta-Apsari

Dr. Nurliana Cipta Apsari, MSW

Penanggung Jawab (PIC) Publikasi / Publication

X