Registrasi Mahasiswa

Pada awal tiap semester mahasiswa  diwajibkan  melakukan dua macam pendaftaran, yaitu pendaftaran administratif  dan pendaftaran akademik.

  1. Pendaftaran administratif dilakukan untuk memenuhi persyaratan administratif yang ditetapkan dan untuk memperoleh kartu mahasiswa;
  2. Pendaftaran akademik dilakukan untuk memperoleh izin mengikuti kegiatan akademik, pendaftaran dilakukan di Sub.Bagian Pendidikan (SBP) fakultas, sebagai persyaratan pengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam penyelenggaraan administrasi akademik digunakan beberapa kartu dan daftar, sebagai berikut:

 

Kartu Rencana Studi ( KRS )

KRS berisi daftar mata kuliah yang akan ditempuh mahasiswa dalam semester bersangkutan; KRS diisi oleh mahasiswa bersama dan disetujui  Dosen wali dengan membubuhkan tanda tangannya (untuk Program DIPLOMA IV, dan Program Sarjana) atau Ketua Komisi Pembimbing/Ketua Komisi Promotor (untuk Program Pascasarjana); KRS dilakukan secara online.

 

PKRS (Perubahan Kartu Rencana Studi)

PKRS atas persetujuan Dosen wali, mahasiswa diperbolehkan mengubah KRS (mengganti, menambah, maupun mengurangi) sampai 14 hari kerja perkuliahan (2 minggu).  Lewat batas tersebut, perubahan KRS tidak diperkenankan lagi. KRS yang telah direvisi kemudian harus diserahkan kembali kepada SBP (untuk Program DIPLOMA IV, dan Program Sarjana) atau Ketua Program Studi (untuk Program Pascasarjana).\

 

Daftar Hadir Mahasiswa dan Dosen ( DHMD)

DHMD berisi Nama dan Nomor Pokok Masiswa (NPM) yang mengikuti mata kuliah bersangkutan; DHMD ditandatangani oleh Mahasiswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung,serta oleh Dosen Pengasuh matakuliah atau asisten pada akhir kegiatan; DHMD disimpan di SBP/SBA atau oleh Dosen Pengasuh mata kuliah.

 

Daftar Peserta dan Nilai Akhir (DPNA)

DPNA berisi dafttar nama dan NPM seluruh mahasiswa yang mengikuti suatu mata kuliah sesuai dengan DHMD; DPNA diberikan oleh SBP/SBA kepada Dosen Pengasuh mata Kuliah pada saat ujian akhir semester dan harus diserahkan kembali ke SBP/SBA paling lambat 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan ujian mata kuliah tersebut; DPNA  asli disimpan di SBP, salinan I ditempel di papan pengumuman, dan salinan II disimpan Dosen Pengasuh mata kuliah.

 

Kartu Kemajuan Studi (KKS)

KKS berisi nilai akhir semua mata kuliah yang telah ditempuh mahasiswa; KKS diisi oleh mahasiswa pada akhir semester bersangkutan dan ditandatangani oleh Dosen wali (Program Pascasarjana: Ketua Program Studi) dan SBP. KKS yang dibuat oleh Sistem Informasi Akademik Fakultas yang sifatnya hanya membantu untuk mengecek kembali penghitungan IP/IPK oleh Dosen wali; KKS digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengisi KRS semester berikutya; KKS dibuat rangkap 4, yaitu untuk mahasiswa, Dosen wali (Pascasarjana: Ketua Program Studi), SBP, dan jurusan /Program studi).

 

Daftar Prestasi Mahasiswa (DPM)

DPM berisi Indeks Prestasi Kumulatif  (IPK) mahasiswa setiap angkatan dalam satu fakultas jurusan/program studi, jumlah semester dan beban studi yang telah ditempuh, serta nama nomor kode Dosen wali (Pascasarjana : Ketua Program Studi/Koordinator Bidang Ilmu).  DPM ini dibuat oleh Sistem Informasi Akademik Fakultas; DPM disahkan  dan ditandatangani Wakil Dekan I; DPM diumumkan kepada mahasiswa pada tiap akhir semester.

 

Kegiatan Pembelajaran, mahasiswa yang diperkenankan mengikuti kegiatan pembelajaran apabila mahasiswa telah: (1) memiliki kartu mahasiswa yang berlaku pada semester bersangkutan; (2) mengisi KRS semester bersangkutan yang telah disahkan oleh SBP (untuk Program DIPLOMA IV, dan Program Sarjana, dan juga ditandatangani Dosen wali). Pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran mahasiswa harus menandatangani DHMD yang setiap selesai melaksanakan kegiatan perkuliahan setaip minggunya diperiksa oleh Dosen Pengasuh mata kuliah.