Program Hibah Bina Desa

Pada hari  Kamis tanggal 16 Februari 2017 dilakukan pelatihan Program Hibah Bina Desa (PHBD), acara ini di isi oleh bapak Sahadi Humaedi, S.Sos., M.Si. Tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk membantu mahasiswa mengenal Panduan Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Program Hibah Bina Desa (PHBD)  adalah  kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  yang  dilakukan  oleh mahasiswa  melalui  Ikatan  Organisasi  Mahasiswa  Sejenis  (IOMS),  Unit Kegiatan  Mahasiswa  (UKM)  dan  atau  Badan  Eksekutif  Mahasiswa (BEM).  Mahasiswa  pelaksana  PHBD  ini  diharapkan  mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar  terbangun  desa  binaan  yang  aktif,  mandiri,  berwirausaha,  dan sejahtera.  Di  sisi  lain,  masyarakat  desa  diharapkan  mampu  menemukan dan  mengembangkan  potensi  yang  sudah  ada  untuk  diwujudkan menjadi  kegiatan  nyata  atau  mengembangkan  kegiatan  yang  telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.

Sasaran penyelenggaraan PHBD adalah:

  1. Membentuk mahasiswa yang berkarakter positif, empatik, peduli, ulet dan kreatif, bertanggungjawab dan mampu bekerjasama untuk memberdayakan masyarakat;
  2. Menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pemberdayaan masyarakat;
  3. Membangun kerjasama yang baik anatara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan.

Tjuan penyelenggaraan PHBD adalah untuk memberi kesempatan kepada  mahasiswa  untuk  berperan  aktif  dalam  pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu:

  1. membantu mengatasi  permasalahan  pendidikan,  kesehatan, ekonomi dan lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya  peningkatan  kesadaran,  wawasa/pengetahuan  dan keterampilan;
  2. menerapkan teknologi  tepat  guna  dalam  tim  kerja  yang  bersifat interdisipliner;
  3. menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus.

(Hery W dan Imam S/Humas FISIP Unpad)

Download pedoman di  Pedoman-PHBD-2016