Kurikulum Magister Administrasi Bisnis

Ketua Program Pasca Sarjana Administrasi Bisnis

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id

Dr. Margo Purnomo, M.M.

NIP: 197711112008011011
e-mail:purnomo@unpad.ac.id
  • Kurikulum Magister Administrasi Bisnis mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi level 8 dimana tingkat kemampuan yang diharapkan adalah mahasiswa mampu mengembangkan ilmu administrasi bisnis melalui riset dan inovasi yang teruji serta menguasai teori bidang pengetahuan ilmu administrasi bisnis. Penyesuaian dan pengakuan kurikulum Magister Administrasi Bisnis FISIP UNPAD dengan kurikulum jenjang magister administrasi bisnis universitas terkemuka di tingkat ASEAN dan internasional. Kurikulum dirancang dengan melibatkan akademisi, praktisi bisnis, pemerintah, alumni dan pengguna lulusan Program Studi Magister Administrasi Bisnis agar adaptif dengan perkembangan studi ilmu administrasi bisnis dan tuntutan perkembangan bisnis.

    Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 38 SKS dengan rincian mata kuliah wajib 27 SKS, mata kuliah pilihan 3 SKS, seminar usulan riset 2 SKS, dan riset 6 SKS. Berdasarkan struktur kurikulum tersebut Program Studi dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 semester atau 2 tahun dan selamalamanya 8 semester atau 4 tahun masa studi. Masa studi tersebut termasuk perkuliahan, penelitian, seminar usulan penelitian (SUP), penyusunan tesis, dan ujian sidang tesis sesuai dengan (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

  • Kegiatan perkuliahan pada program studi magister administrasi bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran dimulai dengan perkuliahan pada semester 1, dan 2. Hingga semester 3 mahasiswa dapat mengikuti seminar usulan riset (SUR) yang dilaksanakan di depan komisi pembimbing dan penguji/pembahas. Setelah usulan riset dinyatakan lulus, mahasiswa melakukan penelitian lapangan atau penelitian kepustakaan, dan dilanjutkan dengan penulisan draft tesis.

    Setelah draft tesis dianggap layak oleh tim komisi pembimbing untuk diuji dalam ujian sidang tesis, draft tesis tersebut oleh mahasiswa diajukan kepada program studi. Selanjutnya, mahasiswa mengikuti ujian naskah tesis yang dilakukan secara terbuka di hadapan tim komisi pembimbing, penguji, dan ketua program studi beserta jajarannya. Dalam ujian tesis tersebut mahasiswa lainnya dapat menonton karena ujian tesis bersifat terbuka untuk umum serta dapat disaksikan oleh mahasiswa lain.

    Gambar 1 : Roadmap Kurikulum
  • Jenis Mata KuliahSKSKeterangan
    -1-2-3
    Mata Kuliah Wajib135 Matakuliah Universitas: 4 Matakuliah, 20 SKS
    Matakuliah Fakultas: 6 Matakuliah, 18 SKS
    Matakuliah Program Studi: 37 Matakuliah, 97 SKS
    Mata Kuliah Pilihan9Matakuliah pilihan terdiri dari:
    Matakuliah Pilihan I (kompetensi penunjang), wajib memilih 1 mata kuliah (3 SKS) dari 3 mata kuliah bahasa asing (Bahasa Cina/ Bahasa Jepang/ Bahasa Korea), yang ditawarkan pada semester 2.
    Matakuliah Pilihan II (kompetensi utama), wajib memilih 1 mata kuliah isu-isu global kontemporer (3 SKS) dari 5 isu berikut: Politik Desa, Politik Lokal, Politik Lingkungan, Politik Islam, dan Politik Gender yang ditawarkan pada semester 6.
    Mata Kuliah Pilihan III (kompetensi utama), wajib memilih 1 matakuliah Seminar Kapita Selekta (3
    SKS) dari 6 bahan kajian (Teori Politik/Politik dan
    Pemerintahan Indonesia/Kebijakan Publik/Ekonomi Politik/Politik Perbandingan/Politik Dunia), yang ditawarkan pada semester 6.
    Jumlah Total144

Kontak :

Program Studi Magister Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Padjadjaran

___________________________________

JL. Bukit Dago Utara no. 25 Bandung 40135

X