PROGRAM DIPLOMA IV KEARSIPAN DIGITAL

Ketua Program Diploma 4 Kearsipan Digital

Dr. Dr. Drs. Rahman Mulyawan, M.Si.

Ketua Program Diploma 4 Kearsipan Digital

Program Diploma 4 Kearsipan Digital

PROFIL

Kearsipan Digital merupakan aktivitas penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan dan pemusnahan suatu arsip-arsip 2 disuatu organisasi. Dari segala kegiatan tersebut, penyusutan merupakan salah satu sarana penting untuk mengatasi masalah bertumpuknya atau bertimbunnya arsip yang tidak berguna lagi (Barthos, 2007:99). Informasi yang diperoleh dari arsip tersebut akan digunakan sebagai data dan diolah menjadi informasi yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan pimpinan.

Selain itu juga informasi-informasi dari arsip tersebut dapat dijadikan sebagai bukti yang otentik dalam setiap aktivitas kerja apabila sewaktu-waktu informasi itu dibutuhkan kembali. Agar informasi yang diperoleh dapat terus digunakan maka informasi dalam bentuk arsip harus disimpan dan dipelihara dengan baik karena arsip yang dimiliki oleh suatu organisasi akan terus bertambah jumlahnya seiring dengan perkembangan kegiatan organisasi dan apabila tidak diimbangi dengan pemeliharaan serta penyusutan arsip yang baik, maka pertambahan arsip tersebut akan menimbulkan masalah yang menyangkut sistem pengelolaan, ruang dan sarana penyimpanan serta penyediaan sumber daya manusia.

Pemeliharaan arsip merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk menjaga arsip dari segala kerusakan dan kemusnahan. Sedangkan pengamanan arsip merupakan usaha-usaha yang dilakukan untuk menjaga arsip-arsip dari kehilangan maupun kerusakan.

X