PROGRAM DIPLOMA IV ADMINISTRASI KEUANGAN PUBLIK

Ketua Program Diploma 4 Ahli Keuangan Publik

Dr. Ria Arifianti, S.IP., M.Si.

Ketua Program Diploma 4 Ahli Keuangan Publik

Program Diploma 4 Administrasi Keuangan Publik

PROFIL

Program Studi Diploma IV Administrasi Keuangan Publik FISIP
Unpad, secara resmi berdiri pada tanggal 16 Mei 2016 sesuai SK Rektor Universitas Padjadjaran No: 1167/UN6.RKT/KEP/HK/2016, nomenklatur Program Studi saat pertama kali berdiri adalah Administrasi Publik.

Hal tersebut sudah didaftarkan dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Dalam perkembangannya berdasarkan hasil rapat para Wakil Rektor termasuk dari Universitas Padjadjaran dengan Dikti di Surabaya pada bulan April 2017 menghasilkan suatu kesepahaman bahwa sebaiknya program diploma tidak sama nomenklaturnya dengan pendidikan sarjananya.

Berdasarkan kesepahaman tersebut Pimpinan Universitas
Padjadjaran mendiskusikan untuk mengubah Program Studi Administrasi Publik menjadi lebih spesifik. Perkembangan selanjutnya mengharuskan dilakukan beberapa perbaikan dasar yang berkenaan dengan spesifikasi kompetensi yang tidak sama dengan program sarjana bidang akademik yang ada.

Dengan demikian dilakukan revisi dan peninjauan kembali struktur
dasar berdasarkan scientific vision dan kebutuhan dan tantangannya
kedepan dalam kurikulum maupun perangkat pembelajaran lainnya. Dari hasil diskusi dan penelusuran terhadap beberapa stakeholder yang akan terlibat serta kalangan pengguna atau pasar kerja yang tersedia maka diputuskan untuk mengubah nomenklatur menjadi Administrasi Keuangan Publik. Proposal perubahan disiapkan untuk mendapatkan pengesahan dari Rektor dan Senat Akademik Universitas Padjadjaran. Hasilnya telah disetujui Komisi II Senat Akademik melalui rapat pada 14 Desember 2017 tetang perubahan nomenklatur dari Program Studi Administrasi Publik menjadi Administrasi Keuangan Publik.

X