Praktikum Mahasiswa USM di FISIP Unpad

Pada hari Senin tanggal 3 Juli 2017, FISIP menerima kunjungan mahasiswa Universiti Science Malaysia (USM). Adapun tujuan dari program ini adalah melakukan penelitian sebagai bagian dari praktikum 3 pekerjaan Sosial dengan lokasi di wilayah Pasirlayung dan Babakan Siliwangi Bandung.
Pendekatan teori yang mereka gunakan adalah teori ekologi, teori system, teori pengembangan masyarakat, teori konflik, teori pemberdayaan dan teori aktivitas rutin. Adapun kerangka kerja yang mereka gunakan Socioculturalmilieu dan Institutional Infrastructure. Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah observasi, interview dan kuesioner. Adapun rencana kerja penelitian secara umum adalah sebagai berikut:
1. Minggu pertama: pengenalan masyarakat dan pengumpulan data sekunder
2. Minggu Kedua, Ketiga dan Keempat: Kunjungan lapangan, Pengambilan data, Analisa hasil, dan perancangan model.
3. Minggu Kelima, keenam dan ketujuh: Lanjutan analisa hasil data lapangan, pembahasan kasus, serta lanjutan penyusunan model
4. Minggu Kedelapan: Perancangan Diseminasi Penelitian dan Perancangan karya tulis Ilmiah untuk kepentingan Publikasi
Seluruh mahasiswa USM telah diterima oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melalui sambutan dari Dekan FISIP, Wakil Dekan II Bidang Perencanan, Tata Kelola, Sistem Informasi dan Sumber Daya, Kepala Departemen Sosiologi, Manajer Akademik dan Kemahasiswaan dan Sekretaris Program Studi Sosiologi.
Selama penelitian berlangsung, mahasiswa USM juga akan didampingi oleh mahasiswa dari HIMA Sosiologi yang berperan sebagai mitra peneliti. Pada akhir program diharapkan akan terbit publikasi Internasional yang melibatkan dua civitas akademi yaitu dari Unpad dan USM.
Nama-nama Mahasiswa Universiti Science Malaysia:
1. Nurul Farhanah Binti Ahmad Fadhillah
2. Mohd Saidun Bin Mohd Fuzi
3. Audrey Anchan
4. Ai Yap Lee
5. Izzaddin Bin Yusef
6. Jefrey Bin Musa
7. Goo Siek Ling
8. Mohd Faiz Fateh

(laporan oleh HeryW dan ImamS)