Ootrad (Olimpiade Olahraga Tradisional) ke-10 Unpad, FISIP unpad ikut memeriahkan acara ootrad Unpad dalam rangka Dies natalis Unpad ke 60

[unpad.ac.id, 9/09/2017] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad secara resmi membuka gelaran Olimpiade Olahraga Tradisional (Ootrad) ke-10 di Stadion Jati Padjadjaran kampus Jatinangor, Sabtu (9/09). Kompetisi olahraga tradisional yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 Unpad ini diikuti oleh civitas academica, tenaga kependidikan, mitra kerja, dan masyarakat umum.

Tahun ini secara strategis kita wujudkan apa yang telah dikomitmenkan dalam membangun budaya dan kebinekaan,” ujar Rektor saat memberikan sambutan.

Mengusung tema “Harmoni dalam Kebinekaan”, Ootrad ini merupakan refleksi dari tema besar Dies Natalis ke-60 Unpad yaitu “Sinergi Unpad dan Jawa Barat untuk Indonesia”. Ragam kebinekaan ini terlihat dari diusungnya identitas budaya dari berbagai wilayah di Indonesia melalui kostum adat yang dikenakan oleh para pimpinan universitas dan fakultas.

Tidak hanya kostum adat, setiap kontingen fakultas pun menampilkan berbagai ciri khas dan seni tradisi dari beberapa wilayah di Indonesia. Sebanyak 30 kontingen provinsi diwakili berbagai fakultas, unit kerja, serta mitra unpad dan masyarakat sekitar Jawa Barat.

Pembukaan gelaran Ootrad ini dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu unjuk kebolehan pesilat Cikalong, mendorong bola dengan tongkat bersama-sama, pemutaran gasing raksasa, penyalaan obor kompetisi oleh Rektor, serta penerbangan layang-layang Unpad.

 

Ad tiga kompetisi yang digelar dalam Ootrad kali ini. Tiga kompetisi tersebut Balap Egrang, Saptalomba, dan Ucamaintian. Selain kompetisi, juga digelar festival kuliner dan penampilan seni dari berbagai daerah, serta ekshibisi permainan Perepet Jengkol khas Jawa Barat. Acara berlangsung hingga sore hari.*

Laporan oleh Arief Maulana, Erlin Elisabeth, dan Syafira Dwi Soniansi/am

sumber: http://www.unpad.ac.id/2017/09/ootrad-ke-10-unpad-digelar-dengan-mengusung-kebinekaan/

Sebagai bagian dari Universitas Padjadjaran, FISIP Unpad ikut serta memeriahkan acara Ootrad kali ini, setiap Fakultas direpresentasikan menjadi berbagai provinsi di Indonesia, dan FISIP Unpad mendapatkan Provinsi “Jawa Tengah” sebagai tema. sebagai kontingen Jawa Tengah dan ikut serta dalam acara “aleut-aleutan” FISIP Unpad dimeriahkan oleh Paguyuban Genta Sentra Mas, yang diikuti langsung oleh Dekan FISIP Unpad Dr. R. Widya Setiabudhi Sumadita, Wakil Dekan I Dr. Santoso Tri Raharjo, serta Wakil Dekan II Dr. Moch Benny Alessandri. Selain itu pula acara diikuti Para Dosen, tenaga Kependidikan dan perwakilan Mahasiswa.

Didalam acara lomba, FISIP Unpad berhasil menyabet beberapa piala, diantaranya piala Sapta Lomba yang merupakan tim gabungan dari Tenaga Kepedidikan FISIP Unpad berserta mahasiswa. FISIP Unpadpun berhasil mendapatkan  Juara I U-Camanintian ( Catur beregu) yang diwakili oleh tiga mahasiswi FISIP Unpad,begitu pula Juara II U Camaintian yang diwakili Tenaga Kependidikan FISIP Unpad, selain itupula FISIP Unpad mendapatkan predikat “terheboh” dalam atau karnaval  “aleut-aleutan” pada saat pembukaan acara Ootrad oleh Rektor Universitas Padjadjaran.

(Oleh ImamS dan HeryW humas FISIP Unpad)

Olimpiade Olahraga Tradisional Unpad, Kontingen Jawa Tengah (FISIP Unpad) / Google Photos