NATIONAL GOVERNANCE DAYS 2017

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, menggelar Perlombaan Inovasi Kebijakan Publik tingkat Nasional yaitu National Governance Days 2017 (NGD 2017) di Bandung, Jawa Barat. National Governance Days 2017 diikuti oleh 46 Team dari seluruh Indonesia pada tahap seleksi essay dan menghasilkan team pada tahap  kelolosan sebanyak 18 team dari berbagai Universitas di Indonesia untuk ke tahap utama yaitu Perlombaan Inovasi Kebijakan Publik National Governance Days 2017 merupakan kegiatan tahunan ke IV yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Tahun ini National Governance Days 2017 mengusung tema besar yaitu “Generasi Emas 2045”, dimana disitu ada harapan agar kita sebagai generasi emas di tahun 2045 akan menjadi generasi yang unggul menjadikan Negara Indonesia kearah yang lebih baik. Acara National Governace Days 2017 dilaksanakan dari tanggal 16-19 Mei 2017. Diawali dengan Teechnical Meeting (16/05/2017) yang dilaksanakan di Auditorium Unpad Training Center. Keesokan harinya Pembukaan Acara National Governance Days 2017 dilaksanakan di Kantor Gubernur Jawa Barat tepatnya di Aula Barat Gedung Sate (17/05/2017) dibuka oleh Project Officer NGD 2017 yaitu Rivaldi, Presiden Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Chairul Anwar Hidayat dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad Drs. Pipin Hanapiah, M.SI.

Dalam sambutanya Project Officer NGD 2017 Rivaldi mengucapkan Selamat Datang kepada para delegasi NGD 2017 dan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang membantu terselenggaranya acara ini, khususnya para delegasi NGD 2017 yang telah berpartisipasi pada Perlombaan Inovasi Kebijakan Publik ini. Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad Drs. Pipin Hanapiah, M.SI. beliau menyampaikan pentingnya konektivitas dan silaturahmi antar universitas dan beliau berharap dengan NGD 2017 ini adanya sinergitas antar jurusan dan universitas untuk menyelenggarakan event yang lebih besar tingkat Internasional, beliau juga berpesan kepada para delegasi agar nantinya inovasi kebijakan yang dibuat bisa direalisasikan di masa yang akan datang, dan sebagai penutup beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia yang bisa menyelenggarakan NGD 2017 ini. Acara pembukaan NGD 2017 ini dilanjutkan dengan penyematan Nametag delegasi NGD 2017 secara simolis dan persembahan tarian dari Kesenian Tradisional FISIP Unpad dan diakhiri dengan sesi foto bersama para delegasi dan pimpian program studi.

 

COACHING CLINIC

Setelah NGD 2017 resmi dibuka oleh Pimpinan Program Studi, acara dilanjutkan dengan Coaching clinic yang masih diselenggarakan di Aula Barat Gedung Sate dengan Narasumber Prof. Dr. Drs. H. Dede Mariana M.S. yang merupakan salah satu Guru Besar Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad dan Pakar Politik Lokal. Beliau berbicara mengenai Kebijakan Publik dan Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang memantik Inovasi-inovasi apa saja yang diperlukan untuk masa yang akan datang beliau menyampaikan secara mendalam mengenai kebijakan publik dari berbagai sudut pandang dan prespektif.

Coaching clinic lalu dilanjutkan kedalam sesi kelas yang dilaksanakan di Unpad Training Center Dago Bandung. Dengan mengusung Tema besar “Generasi Emas 2045” dalam NGD 2017 ini ada 3 Sub Tema yang diperlombakan yaitu Indonesia Cerdas yang fokus pada bidang Pendidikan, Indonesia Mandiri yang fokus pada bidang Ketahanan dan Indonesia Sejahtera yang fokus pada bidang Ekonomi. Coaching Clinic pun dilaksanakan kedalam 3 kelas, para delegasi memasuki kelas sesuai subtemanya masing-masing yang dengan narasumber yang berbeda. Di kelas Indonesia Mandiri yang menjadi Narasumber adalah Dr.Dr.Drs. Rahman Mulyawan, M.SI., di kelas Indonesia Sejahtera yang menjadi Narasumber adalah Dr.Drs. Dede Sri Kartini, M.SI. dan di kelas Indonesia Cerdas yang menjadi Narasumber adalah Novie Indriawati Sagita S.IP., M.SI. Setelah Coaching clinic selesai delegasi pun dipersilahkan beristirahat dan merevisi overview serta presentasi yang akan dipresentasikan.

PERLOMBAAN

Acara inti dari National Governance Days 2017 ini adalah Lomba Inovasi Kebijakan Publik yang dilaksanakan Kamis (18/05/2017) di Unpad Training Center yang diikuti oleh 18 tim dari seluruh Indonesia yang berjumlah 54 Delegasi yang dibagi menjadi 3 kelas yang diperlombakan yaitu Indonesia Cerdas yang fokus pada bidang Pendidikan, Indonesia Mandiri yang fokus pada bidang Ketahanan dan Indonesia Sejahtera yang fokus pada bidang Ekonomi. Tiap kelas terdiri dari 6 tim yang bertanding mempresentasikan inovasi kebijakan Publik.

Di kelas Indonesia Mandiri terdiri dari 2 (dua) subtema:  Pertama yaitu Mewujudkan Ketahanan Nasional melalui stabilitas politik & Keamanan sebagai upaya geostrategi Indonesia. & Kedua yaitu Peningkatan Kapabilitas SDM guna mencapai kemandirian dalam rangka Ketahanan Nasonal. Dalam kelas ini tim yang bertanding adalah : Universitas Sumatera Utara, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Padjadjaran, Universitas Jambi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dewan Juri yang menilai di kelas ini adalah Dr. Neneng Yani Yuningsih, S.IP., M.SI. dan Ivan Darmawan S.IP.,M.SI. yang merupakan dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Di kelas Indonesia Cerdas juga terdiri dari 2 (dua ) subtema : Pertama yaitu Penerapan Kurikulum Pendidikan berbasis budaya di Indonesia & Kedua yaitu Inovasi Pendidikan berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di Indonesia. Dalam kelas ini tim yang bertanding adalah : Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Hasanudin, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Syiah Kuala. Dewan Juri yang menilai di kelas ini adalah Iyep Saifulrahman S.IP., M.SI. dan Rudiana S.IP., M.SI. yang merupakan dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Dan di Kelas Indonesia Sejahtera 2 (dua) subtema yang diperlombakan : Pertama yaitu Strategi Kebijakan Fiskal dalam menyusun APBN & Kedua Berdikari di tengah Persaingan Ekonomi Global. Dalam kelas ini tim yang bertanding adalah : Universitas Negeri Surabaya, Universitas Lampung, Universitas Brawijaya, Universitas Tadulako, Universitas Indonesia, dan Universitas Padjadjaran. Dewan Juri yang menilai di kelas ini adalah Novie Indriawati Sagita S.IP., M.SI. dan Idil Akbar S.IP.,M.SI. yang merupakan dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Acara ini lalu dilanjutkan keesokan harinya Jumat (19/052017) dengan Seminar Nasional yang bertajuk Sejahtera, Unggul, dan Cerdas dalam membangun Generasi Emas 2045” yang dilaksanakan di Kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran Jl. Dipatiukur Bandung. Dengan Pembicara Muradi, S.S.,M.SI.,M.Sc., P.Hd. yang merupakan dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad dan juga merupakan Pakar Politik dan Pemerintahan & Polisi, Pertahanan.

Acara ditutup dengan Gala Dinner yang bertemakan Suit And Tie yang dilaksanakan malam harinya di Narapati Hotel Jl. Pelajar Pejuang yang ditutup oleh Sekertaris Program Studi Ilmu Pemerintahan Rudiana S.IP., M.SI. dengan menampilkan live music dan juga dalam Gala Dinner Ini diumukan para pemenang perlombaan Inovasi Kebijakan Publik National Governance Days 2017 dan pemberian hadiah dengan Total hadiah jumlah sebesar 15 Juta Rupiah, juara pertama mendapatkan 3 Juta Rupiah dan Juara Kedua mendapatkan 2 Juta Rupiah. Para tim/ delegasi yang memenangkan kompetisi yaitu :

Juara Indonesia Mandiri

  • Juara Pertama diraih oleh Universitas Padjadjaran
  • Juara Kedua diraih oleh Universitas Sumatera Utara

Juara Indonesia Cerdas

  • Juara Pertama diraih oleh Universitas Gadjah Mada
  • Juara Kedua diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang

Juara Indonesia Sejahtera

  • Juara Pertama diraih oleh Universitas Indonesia
  • Juara Kedua diraih oleh Universitas Brawijaya

Acara lalu dilanjut dengan pemberian hadiah, plakat dan sertifikat bagi para delegasi National Governance Days 2017 ditutup dengan sesi foto bersama baik itu para panitia maupun peserta.

(laporan oleh; Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad)

 

National Government Day Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan / Google Photos