Mahasiswa FISIP UNPAD Ikuti Gathering Galeri Investasi Se-Jawa Barat 2017

                                                                                            

 Bandung, 19 Juli 2017. Bursa Efek Indonesia (IDX) KP Bandung mengadakan acara gathering seluruh Galeri Investasi Se Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan di Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Bandung pada 19 Juli 2017. Gathering ini merupakan momen silaturahmi antar pengurus Galeri Investasi sekaligus sebagai forum diskusi program kerja masing-masing Galeri Investasi dalam rangka pertukaran informasi untuk peningkatan mutu pengelolaan Galeri Investasi Se Jawa Barat. Acara gathering ini diikuti oleh Galeri Investasi di 20 Perguruan Tinggi di Jawa Barat, seperti dari Universitas Padjadjaran, Universitas Telkom, STEI Tazkia Bogor, Universitas Maranatha, Universitas  Widyatama dan dari perwakilan Galeri Investasi lainnya.

Sekarang ini Universitas Padjadjaran telah memiliki Galeri Investasi yang terletak di Lantai 3, Gedung C, FISIP Universitas Padjadjaran. UNPAD mengirimkan 2 mahasiswa yang sekaligus sebagai pengurus dari Galeri Investasi untuk mengikuti acara tersebut.

Rangkaian acara ini terdiri dari sambutan Kepala Pengembangan Wilayah Area I, penyampaian program BEI PIGP Bandung yang berkaitan dengan GI BEI, sosialisasi pengisian laporan bulanan GI BEI se Jawa Barat, penyampaian rencana kerja GI BEI se Jawa Barat dan sharing session, serta diakhiri dengan sesi foto bersama GI BEI se Jawa Barat.

Menurut Bapak Deddy selaku Kepala Pengembangan Wilayah Area I menyatakan bahwa Galeri Investasi ini merupakan wadah edukasi dan literasi dunia investasi dan pasar modal. Fokus dan tujuan utama didirikannya Galeri Investasi ini bukan hanya untuk memasarkan saham dan investasi lainnya tetapi untuk mengedukasi mengenai dunia investasi terhadap civitas kampus dan masyarakat lingkungan sekitar dan bersama BEI KP Bandung meningkatkan edukasi dan juga literasi keuangan masyarakat khususnya pasar modal. Menurutnya juga keberadaan galeri investasi harus diakui di universitas sebagai lab investasi.

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama produktif antara pengurus GI, BEI, dan pihak Kampus agar pelaksanaan program yang dibuat dapat efektif dan efisien. Seperti pelaksanaan seminar dan kuliah umum mengenai dunia investasi. Adanya program yang bersinergis dan harus adanya edukasi untuk peningkatan minat dalam menabung saham. Sedangkan untuk pengetahuan lebih dalam mengenai lingkungan pasar modal terlebih syariah terdapat Sekolah Pasar Modal Syariah yang pembicaranya biasanya berasal dari MUI sehingga lebih memberikan pengaruh dan tidak lagi menimbulkan spekulasi atau meminimalisir keraguan dalam transaksi saham. Disampaikan juga bahwa dalam rangka meningkatkan kepercayaan dalam memahami dunia investasi melalui edukasi merupakan salah satu tugas dari Galeri Investasi.

Galeri Investasi Universitas Padjadjaran Jatinangor sendiri memiliki program kerja untuk paruh waktu kedua tahun 2017 yang terdiri dari kegiatan yang secara rutin dilakukan setiap hari selasa yang berupa kegiatan dan kumpul antar anggota Young Investor di GI UNPAD Jatinangor berupa diskusi untuk saling berbagi ilmu mengenai dunia investasi, studi banding ke beberapa Galeri Investasi yang ada di perguruan tinggi lain, mengadakan road show dan seminar mengenai dunia investasi ke seluruh fakultas yang ada di Univeristas Padjadjaran, mengadakan lomba trading antar mahasiswa, mengadakan pelatihan keorganisasian bagi pengurus GI dan juga pelatihan dunia pasar modal bagi para pengurus GI dan juga member Young Investor, dan program UNPAD Sauyunan yaitu menjadi tempat inkubator bisnis untuk para mahasiswa.

Program kerja ini memiliki tujuan secara keseluruhan untuk meningkatkan edukasi dan literasi dunia investasi kepada para mahasiswa dan juga masyarakat di sekitar Jatinangor serta dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan Galeri Investasi Universitas Padjadjaran.