Mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unpad Meraih prestasi di Sungkyunkwan University

Mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unpad Meraih prestasi di Sungkyunkwan University

Kamis, 13 Juli 2017­­- ISS Global Forum merupakan sebuah kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Sungkyunkwan University.  Korea Selatan pada program International Summer Semester.  ISS Global Forum tahun 2017 mengusung tema berjudul “How to Initiate and Utilize International Collaboration to Solve an Impending Global Problem”. Peserta dalam kompetisi ini berasal dari Perancis, Finlandia, Rusia. Dua mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unpad yaitu Sonia Anthera Rojak(2015) dan Arlisa Sepvita Cahyazafira (2015) turut berpartisipasi dalam kompetisi ini dan berhasil meraih juara 1.

 

Presentasi berlangsung selama 10 menit dengan persyaratan semua anggota kelompok harus menjadi speaker dalan presentasi ini, setelah itu terdapat 5 menit untuk sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab semua penonton dan judges dapat bertanya kepada team yang telah memberikan presentasinya. Judges pada kesempatan kali ini merupakan para profesor yang berasal dari Afrika Selatan, Australia, Korea Selatan, Amerika, dll, yang berjumlah sekitar 10 orang.

 

Topik yang kami angkat yaitu mengenai bio degradable plastic yang merupakan sebuah inovasi mengenai plastik ramah lingkungan yang telah ditemukan oleh sebuah perusahaan asal bali yaitu Avani. Fokus kami disini yaitu dalam membangun global collaboration untuk dapat bekerjasama dengan seluruh negara di dunia dalam mengurangi jumlah plastik, kami yakin jika seluruh negara di dunia bekerjasama untuk membuat kebijakan yang ketat mengenai larangan penggunaan plastik maka kekhawatiran manusia akan dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik akan berkurang. Tidak hanya berfokus pada pembuatan kebijakan yang ketat mengenai larangan pemakaian plastik saja, namun kami pun memberikan solusi yaitu penggunaan bio degradable plastic untuk mengantisipasi sulitnya mengubah kebiasaan manusia dalam menggunakan plastik.