ILMU PEMERINTAHAN

Ketua Program Studi
Rudiana, S.IP., M.Si,
NIP: 197411242003121001
e-mail:rudiana1974@gmail.com

Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21
Jatinangor, Sumedang
Telephone: 022-7798418/7796416
FAX: 022-7796974
e-mail: ipem@unpad.ac.id
Official Website: Ilmu Pemerintahan

Visi , Misi dan Tujuan

 

Visi 
“Menjadi Program Studi yang memiliki keunggulan kualitas proses akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Pemerintahan yang diakui secara nasional, global, dan internasional pada tahun 2026”

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan bidang ilmu pemerintahan yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat;
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Pemerintahan guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat pada umumnya;
  3. Melaksanakan manajemen pendidikan yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dan akuntabel dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance);
  4. Menerapkan sistem manajemen profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas untuk menciptakan hubungan kelembagaan yang efektif dan efisien;
  5. Menjalin hubungan kerja sama dalam bidang pengembangan akademik, serta meningkatkan dan mengembangkan pengelolaan penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

 

Tujuan

  1. Tercapainya daya saing Program Studi yang tinggi dan kesehatan organisasi Program Studi;
  2. Terlaksananya kegiatan pendidikan di bidang ilmu pemerintahan dengan menggunakan kurikulum pemerintahan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan bidang ilmu pemerintahan yang kompeten dan bersaing dalam level lokal, nasional, regional, maupun internasional;
  3. Tercapainya peningkatan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan yang memiliki integritas tinggi, berkarakter kuat,
    berwawasan, dan berdaya saing lokal, nasional, regional, dan internasional;
  4. Tercapainya kemampuan lulusan untuk bersaing dalam bursa tenaga kerja;
  5. Terwujudnya peningkatan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian ilmiah baik dari segi kuantitas maupun kualitas
    penelitian yang menitikberatkan kepada kajian Proses Pemerintahan Lokal, Kebijakan Publik, dan Politik Lokal; yang
    mempunyai relevansi dan berguna bagi yang berkepentingan dan masyarakat luas;
  6. Terlaksananya kegiatan dosen dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang mampu menopang pembelajaran serta kemajuan keilmuan di bidang Ilmu Pemerintahan yang dapat diaplikasikan bagi pemerintah, privat, dan masyarakat luas;
  7. Terbentuknya organisasi dan manajemen Program Studi yang transparan dan akuntabel;
  8. Terwujudnya hubungan kerja sama dengan berbagai mitra kerja dalam maupun luar negeri sebagai mitra strategis Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  9. Terlaksananya hubungan kerja sama untuk kepentingan penyediaan kesempatan kerja, magang, praktikum dan pelatihan
    pembelajaran; Terlaksananya kerjasama Tri Dharma dan pendanaan riset serta beasiswa bagi mahasiswa.