HUBUNGAN INTERNASIONAL

Asep

Kepala Departemen

Dra. Junita Budi Rahman, M.Si.,Ph.D
NIP:
Email:

 


Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21
Jatinangor, Sumedang
Telephone: 022-7798418/7796416
FAX: 022-7796974
e-mail: hi@unpad.ac.id

Official Website:


VISI

Pada tahun 2030 menjadi penyelenggara unggul dalam pendidikan tinggi, riset ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat, di bidang HI holistik-eklektik.

 

MISI

  1. Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di bidang HI berikut peminatan pada studi-studi Keamanan dan studi Intermestik, dengan acuan Glokal ataupun Grobal, serta Diplomasi Total, yang hirau akan pencapaian kepentingan Indonesia dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)
  2. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan riset ilmiah serta pengabdian pada masyarakat di bidang HI, yang hirau akan pencapaian kepentingan Indonesia dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)

 

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Menghasilkan sumberdaya intelektual di bidang HI dengan membentuk kompetensi generalis HI. Melalui kerjasama akademik dan wadah pemikir dibangun spesialisasi yang merujuk payung riset dan peta jalan kepakaran berikut spesifisitas negara, kawasan, isu, teorisasi/pemodelan, profil alumnus, serta keperluan pemangku kepentingan.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah HI yang terpublikasi secara internasional, nasional, ataupun lokal. Mengelola publikasi ilmiah HI bersifat multidisipliner, interdisipliner, serta transdisipliner. Mengembangkan cara dan perangkat sertamodul ataupun model pembelajaran HI. Menumbuhkan tradisi akademik kreatif dalam berpikir, membaca, menulis, serta berkiprah di bidang HI.
  3. Menggali inovasi dankebaruan gagasan, penalaran, tindakan yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar, daerah, bangsa, serta umat manusia sebagai wujud kepedulian dan pengabdian Student of IR menurut khasanah hirauan HI.
  4. Menjalankan tata kelola pendidikan tinggi di bidang HI dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu dan sistem manajemen pendidikan yang berbasis transparansi serta akuntabilitas.
  5. Menempuh kerjasama di bidang HI dengan banyak pihak secara berkesinambungan dalam prinsip kesetaraan kemitraan yang saling menguatkan dan menguntungkan.

 

KOMPETENSI

 

Profil Lulusan Kompetensi
Periset 1.  Mengetahui dasar-dasar pengerjaan riset ilmiah dan pemanfaatannya bagi studi HI generalis

2.  Mengenali keberagaman  pengerjaan riset di bidang HI generalis

3.  Memahami ketertentuan dari pengerjaan riset pada sub-bidang HI, atau pada suatu spesilisasi, ataupun sebagai konsekuensi dari batasan risetnya

Pelaksana 1.  Mengetahui masalah teori dan praktik HI, serta kiat menghadapinya dalam isu pelaksanaan (actuating, implementasi, aplikasi) dan selaku pelaksana (klerk/blue-collar worker, staf/white-collar worker, international/global civil servant) di bidang HI generalis

2.  Mengenali opsi-opsi  bagi pelaksanaan dan atau pelaksana kebijakan serta keputusan dalam proses/ pengorganisasian proses HI generalis

3.  Memahami kemanfaatan bidang HI generalis

Konsultan 1.  Mengetahui kompetensi pakar runding

2.  Mengenali kompetensi di bidang HI generalis pada upaya jasa kepenasihatan (consultancy service)

3.  Memahami tuntutan akan kemampuan pitching dalam kiprah konsultan di bidang HI generalis

Pegiat 1.  Mengetahui aktivitas bagi perubahan dengan wadah serta perangkatnya untuk meraih tujuan perubahan dalam upaya memajukan kehidupan di bidang HI.

2.  Mengenali kegiatan yang  mendorong pelaksanaan berbagai perubahan serta  pengembangannya bagi kehidupan di bidang HI

3.  Memahami ikhtiar orang, kelompok (massa), serta organisasi untuk tujuan memperbaiki/memajukan kehidupan di bidang HI

Duta 1.  Mengetahui arti dan fungsi duta secara generik di ranah HI (representing, promoting,  reporting) atau dalam pengembanan misi formal (bargaining, negotiating, protecting)

2.  Mengenali khasanah duta masa kini untuk diplomasi dan kebijakan luar negeri serta partisipasi para aktor subnasional/lokal, sosietal, ataupun individual

3.  Memahami staffing dalam mendukung pelaksanaan diplomasi dan penerapan kebijakan luar negeri