ALUR/MEKANISME PENCETAKAN BUKU DI UNPAD PRESS

  1. Penulis (dosen/tenaga kependidikan) membuat surat permohonan dan menyerahkan naskah buku yang sudah jadi draft kepada pimpinan Fakultas, disertai  surat pernyataan  bebas dari plagiarism.
  2. Pimpinan Fakultas/Unit menunjuk dua orang pakar/ahli (bisa dosen Unpad dan atau orang luar Unpad) sesuai kepakarannya untuk menjadi reviewer dan/atau editor. Reviewer diberikan surat tugas oleh Pimpinan Fakultas untuk mereview naskah buku tersebut, sehingga layak untuk diterbitkan
  3. Fakultas menerbitkan surat keterangan bahwa buku tersebut layak untuk diterbitkan, yang ditandatangani oleh dua orang reviewer yang ditunjuk
  4. Fakultas mengajukan surat permohonan penerbitan buku kepada Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan, dengan melampirkan hardcopy/softcopy buku, disertai surat keterangan telah direview oleh dua orang reviewer dan surat pernyataan bebas plagiarism dari penulis.
  5. Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan, mengirimkan naskah buku tersebut ke Unpad Press, untuk dibuatkan desain cover dan layout buku oleh tim Unpad Press
  6. Pembuatan desain cover dan layout buku oleh tim Unpad Press didiskusikan dengan penulis
  7. Setelah dibuat desain cover dan layout buku oleh tim Unpad Press dan telah sesuai ketentuan Unpad Press dan persetujuan penulis serta Direktur Akademik dan Perpustakaan, maka naskah buku dikirim oleh Unpad Press dengan Purchase Order (PO) ke percetakan Unpad Press, untuk dibuatkan dummy buku.
  8. Dummy buku yang sudah disetujui penulis diperiksa terakhir kali oleh Direktur Akademik dan Perpustakaan akan ditawarkan ke penerbit terkemuka, untuk diterbitkan. Jika diambil penerbit umum terkemuka, maka buku akan diterbitkan oleh penerbit tersebut bekerjasama dengan Unpad Press dan penulis akan mendapatkan royalti dari penerbit sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  9. Jika naskah tersebut diterbitkan Unpad Press maka Unpad Press mengajukan permohonan International Standard Book Number (ISBN) ke perpustakaan Nasional
  10. Dummy buku yang sudah ada ISBN dikirimkan Unpad Press dengan PO ke percetakan, untuk dicetak sejumlah 15 eksemplar (eks).
  11. Buku yang telah dicetak diserahkan ke Unpad Press sebanyak 6 eks, dengan peruntukan buku adalah 2 eks untuk Perpustakaan Nasional RI, 1 eks untuk Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah(BAPUSIPDA), 1 eks untuk Perpustakaan Pusat Unpad, 1 eks untuk Perpustakaan Fakultas dan 1 eks untuk arsip Unpad, 9 Eksemplar sisa buku diserahkan kepada penulis.
  12. Buku yang telah dicetak dibuatkan dalam bentuk e-book untuk selanjutnya disimpan dalam situs online store books di website kandaga (http://kandaga.unpad.ac.id) untuk dijual secara online. Jika ada yang membeli bisa dicetak dengan konsep print on demand, dengan harga buku per eksemplarnya adalah kesepakatan antara penulis dan Unpad Press.