ADMINISTRASI BISNIS

Asep

Kepala Departemen

Prof. Dr. H. Sam’un Jaja R., M.Si.
NIP:
Email:

 


Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.21
Jatinangor, Sumedang
Telephone: 022-7798418/7796416
FAX: 022-7796974
e-mail: adbis.fisip@unpad.ac.id

Official Website:
Administrasi Bisnis


Program Studi Administrasi Bisnis

 

VISI

Menjadi program studi unggulan dengan kemampuan menghasilkan lulusan yang kompetitif dan dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha, lembaga pemerintah, kemampuan berwirausaha, serta menjadi pusat rujukan dalam penelitian, pengkajian dan pengembangan administrasi niaga menuju entitas bisnis terbaik.

 

MISI

Mengembangkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghadapi kompetisi nasional dan global dalam penguasaan dan pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif bagi peningkatan jaminan mutu (quality assurance) hasil perguruan tinggi, baik untuk tenaga akademik maupun peserta didik (mahasiswa)

 

Mengembangkan kemampuan manajerial pimpinan program studi untuk menunjang kemandirian dan akuntabilitas guna meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan.

 

Meningkatkan mutu dosen serta peningkatan jumlah mutu fasilitas pendidikan, laboratorium dan pendukung sistem informasi layanan akademik, baik mahasiswa maupun dosen.

 

Mengembangkan kerjasama (kemitraan) dengan berbagai institusi (pemerintah, lembaga bisnis, masyarakat, maupun individu) dalam rangka mendukung visi dan misi program studi

 

TUJUAN

 

Menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan dalam bidang administrasi niaga, yang mampu menyiapkan dan mengelola lembaga bisnis dan dunia usaha yang berorientasi pada aspek kebijakan, strategi, kepemimpinan dan kemampuan manajerial.

 

Menghasilkan sarjana unggulan yang menguasai Ilmu Administrasi Niaga dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara administratif-stratejik dalam menghadapi tantangan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha regional dan internasional.

 

Menghasilkan lulusan dengan kecakapan dan kepercayaan diri yang tinggi untuk memanfaatkan setiap peluang usaha, perkembangan teknologi dan memiliki kemampuan mengelola perusahaan secara efektif dan efisien (intrapreneurship) maupun kemampuan membuka lapangan usaha secara mandiri (entrepreneurship)

 

Menyelenggarakan penelitian, pengkajian dan pengembangan dunia usaha khususnya usaha menengah, kecil, mikro, koperasi melalui kemitraan dengan dunia usaha, instansi pemerintah dan masyarakat.

 

Menyelenggarakan konsultasi dan bimbingan dunia usaha khusunya usaha menengah, kecil, mikro dan koperasi.

 

Menyelenggarakan kemitraan dengan lembaga perusahaan dalam rangka corporate social responsibilty (CSR) melalui gagasan dan pengembangan kewirausahaan sosial bagi masyarakat

 

 

KOMPETENSI

 

Motivation
  • Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi tentang dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia bisnis selama menempuh studi maupun setelah lulus
  • Memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki sesuai dengan profesinya.

 

Attitude
  • Proaktif terhadap tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Antusias dalam membangun kerjasama (well networking) dan sinergitas
  • Menghargai kemampuan dan hasil karya orang lain

 

Knowledge
  • Memahami prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi bisnis
  • Mengenal karakteristik stakeholders dan memahami bagaimana pengaruhnya terhadap dunia bisnis
  • Memahami pengaruh ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, hukum, dan teknologi yang berkembang secara pesat terhadap perkembangan terkini (state of the art) ilmu dan penerapan administrasi bisnis.

 

Ability
  • Dapat Merumuskan gagasan dan rencana bisnis
  • Dapat Menganalisis permasalahan dunia bisnis
  • Dapat merancang solusi atas permasalahan dalam dunia bisnis
  • Dapat membangun business atmosphere

 

Skill
  • Dapat menerapkan berbagai metodologi ilmu pengetahuan dalam organisasi bisnis
  • Dapat menggunakan teknologi informasi dalam dunia bisnis
  • Dapat menerapkan semua dimensi fungsi bisnis
  • Memiliki soft skill