CAREER FAIR SBM ITB 2016

[Poster]-CAREER-FAIR_ver2-(eksternal)_001

SBM ITB mengundang Anda semua untuk menghadiri :

CAREER FAIR SBM ITB 2016

Sasana Budaya Ganesa (SABUGA ITB)

26 – 27 August, 2016

09.00 – 17.00

PEMBUKAAN OLEH REKTOR ITB Pukul 09.00 – 09.30

Berikut adalah perusahaan peserta :

Bersama Zatta Jaya (Elzata), Bank of Tokyo Mitsubishi, Coca Cola Amatil Indonesia, Paragon Technology & Innovation (Wardah Cosmetics), Mitra Pinasthika Mustika, Korelasi Persada Indonesia, Blibli.com, Daya Adicipta Motora, OCBC NISP, Asuransi Jiwa Manulife, Deteksi Basket Lintas Indonesia, Jawa Pos, Bursa Efek Indonesia (IDX), CIMB Niaga, Astra International, Toyoya Astra Finance, FIF Group, Bina Pertiwi, BFI Finance Indonesia, Cita Rasa Prima (Warung Upnormal, Baso Boedjangan, Sambel Karmila, Nasi Goreng Mafia), Moeslema, Grid Inc, Mid Plaza Holding, Sysmex Indonesia, Wijaya Kusuma Contractor, PT. Indofood Sukses Makmur, Danone, Bank Danamon, MRT Amanah, PT. Sinergi Sukses Digitalindo (Alibaba.com), Transvision, Sense Health Indonesia, Pinjam.co.id, Suritex, Triputra Group, Microsoft, Jalurkerja.com,Astronaut Technologies, Agung Podomoro land, Geitekindo, Delapan Empat Sakti, Polyfilatex (FILA), BNI Syariah, Multistrada Arah Sarana, Ace hardware, Informa, Chatime, WOM Finance, Garuda Indonesia…. Dan masih banyak lagi….

Hadir pula booth para wirausaha mahasiswa dan alumni SBM ITB :

Cokelat Klasik, Supaku Company, Moosh Indonesia, Manook Garage, Share bag, Mokies, Berlian Digital Solution, Arna Ethnic Fashion, Gran, Dianov, Natastika.

Jangan lupa untuk hadir pada presentasi/workshop berikut ini :*

JUMAT, 26 AGUSTUS 2016

10.30-11.15  Talkshow Entrepreneurship “SynergyForSuccess”

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/TalkshowElcorps

10.30-11.15   Presentasi dari Jalurkerja.com

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiJalurKerja

14.30-15.15  Workshop & Presentasi PT. Sysmex Indonesia “Talent, Passion &   Calling”

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiSysmexIndonesia

15.30-16.00  Presentasi dari Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ

Lokasi ;  Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiBTMU

 

SABTU, 27 AGUSTUS 2016

9.00 – 9.30     Seminar Business Trend – GEN M

di Auditorium SBM, Gedung SBM-ITB Lantai 2

daftar online bit.ly/SeminarGenM

9.00 – 11.00   Seminar dari Grid Inc

di ruang 2E, Gedung SBM-ITB

daftar online bit.ly/SeminarGrid

10.30-11.15   Presentasi dari PT. Paragon Technology & Innovation

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiWardah

11.30-12.15  Talkshow & Hijab Tutorial “Dress for Success”

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/TalkshowDressForSuccess

12.30-13.00  Presentasi dari PT. Manulife

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiManulife

13.00-13.45  Presentasi dari Mitra Pinasthika Mustika

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiMPM

14.00-14.45  Presentasi dari Astronaut Technologies

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiAstronautTechnologies

(UNTUK PESERTA UMUM DAPAT MENDAFTAR SECARA ONLINE DI TEMPAT)

*Keterangan :

Tersedia sertifikat bagi peserta presentasi/workshop/Talkshow

Bagi mahasiswa MBA ITB akan mendapatkan stempel seminar (sesuai ketentuan).

 

Informasi lebih lanjut :

Career Service SBM ITB

career@sbm-itb.ac.id

022 2504308 ext 117

Open House bagi Mahasiswa baru FISIP UNPAD tahun 2016.

Sabtu tanggal 20 Agustus 2016 yang lalu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan acara Open House bagi Mahasiswa baru FISIP UNPAD tahun 2016.

Acara dilaksanakan di lapangan basket FISIP UNPAD mulai pukul 09.00 pagi sampai 12.00 siang. Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan: Dr. Arry Bainus, M.A, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, SIP., SSi., MT., MSi (Han), Wakil Dekan, Manajer, Perwakilan Senat Fakultas, Pimpinan Departemen, Pimpinan Prodi S1 dan Pasca sarjana, Kabag, Kasubag, Kaur dan yang lainnya.

Pada acara ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran memberikan salam hormatnya kepada seluruh orang tua mahasiswa yang hadir, sekaligus mengenalkan jajaran pimpinan dan pengelola Fakultas, Departemen dan Program Studi. Diutarakan juga kepada para orang tua, visi pembelajaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yaitu pembelajaran berbasis riset. Pada model pembelajaran ini, mahasiswa dan dosen dituntut bersama untuk belajar berbasis hasil riset, dan melakukan proses belajar sambil menghasilkan riset yang terpublikasi.

Disamping itu, ditampilkan pula sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang telah menorehkan prestasi baik Nasional maupun Internasional. Hal ini dilakukan untuk memberikan semangat, teladan dan inspirasi bagi adik-adik mahasiswanya, serta memberikan informasi kepada para orang tua bahwa Fakultas, Departemen dan Program Studi memiliki visi yang kuat untuk pengembangan prestasi kemahasiswaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pengurus POMA FISIP, yang diwakili oleh perwakilan orang tua dari masing-masing program Studi yang ada. Selanjutnya, acara Open House FISIP UNPAD diakhiri dengan penerimaan orang tua mahasiswa oleh masing-masing program studi. Pada sesi tersebut, orang tua dan mahasiswa baru dapat bertanya dan berkonsultasi lebih lanjut dengan pimpinan prodi, terkait proses belajar mengajar yang akan ditempuh oleh anak-anak mereka nantinya. (HeryWibowo)

Prof. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, “Banyak yang Belum Menyadari Arti Penting Pengelolaan Arsip”

Dari segi hukum, arsip dapat berfungsi sebagai alat bukti dalam proses hukum di Pengadilan. Untuk itu, sangat penting pengelolaan arsip yang baik bagi setiap unit di lembaga negara, perusahaan maupun individu, terutama pengelolaan dokumen-dokumen yang mengandung nilai guna hukum.

humas unpad 2016_07_21 profil nandang alamsah 2 DADANProf. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, SH., M.Hum (Foto oleh: Dadan T.)*

Guru Besar Ilmu Hukum Tata Pemerintahan pada Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, SH., M.Hum. mengatakan, banyak yang masih belum menyadari arti pentingnya pengelolaan arsip. Seringkali, dokumen-dokumen penting tidak dijaga dan dikelola dengan baik. “Padahal itu mempunyai aspek hukum. Ternyata ketika digugat tidak mempunyai alat bukti dan kalah beracara di Pengadilan atau di forum non litigasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof. Nandang menjelaskan, di dalam hukum perdata, alat bukti pertama yang akan diperhitungkan adalah surat (arsip), kemudian selanjutnya adalah saksi, persangkaan (Undang-Undang dan hakim), pengakuan, dan sumpah. Sementara hukum pidana, alat bukti yang pertama adalah saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk, dan terdakwa.

“Nah, dari alat-alat bukti tersebut di atas bukti surat (arsip) memegang peranan yang sangat penting, ini kan yang namanya kearsipan memiliki nilai hukum itu,” ujar pria kelahiran Tasikmalaya, 15 Desember 1967 ini.

Di Unpad sendiri, Prof. Nandang mengungkapkan bahwa kesadaran mengelola arsip di unit-unit kerja sudah semakin membaik. UPT Kearsipan Unpad, yang saat ini dikepalai Prof. Nandang pun aktif melakukan pembinaan dan sosialisasi pengelolaan kearsipan untuk sejumlah Fakultas dan unit kerja. Selain itu, pihaknya juga kini tengah menyiapkan record center 2 sebagai tempat penyimpanan arsip dinamis inaktif di sejumlah Direktorat dan Fakultas di lingkungan Unpad.

Ia pun mendefinisikan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam hidup dan mati. Prof. Nandang mendifinsikan demikian karena ia sendiri meyakini, arsip bukan dibutuhkan oleh kita sebagai manusia ketika hidup saja, tetapi juga ketika kita mati.

“Arsip (catatan perbuatan) yang dicatat malaikat. Oleh karena itu, kita sepanjang hidup harus bisa mengumpulkan arsip-arsip yang baik,” kata Prof. Nandang.

Prof. Nandang pun menjelaskan, bahwa Ilmu Hukum Kearsipan ini merupakan salah satu yang masuk dalam ruang lingkup dari Ilmu Hukum Tata Pemerintahan yang telah lama ia dalami. Selain Hukum Kearsipan, bagian dari Ilmu Hukum Tata Pemerintahan adalah Hukum Agraria, Hukum Ketenagakerjaan/Kepegawaian, Hukum Pajak, dan lain-lain.

Prof. Nandang sendiri mendefinisikan Hukum Tata Pemerintahan sebagai kumpulan asas, kaidah, proses, dan lembaga yang menguji relasi antara pemerintah dan yang diperintah, dengan berbagai variannya.

“Sepanjang pemerintah ikut turut campur, mengurus atau mengelola, atau bahkan melayani masyarakat, sejauh itu jangkauan Hukum Tata Pemerintahan,” ujar Prof. Nandang.

Adapun tujuan dari Hukum Tata Pemerintah sendiri adalah untuk mencapai kesejahteraan umum, dimana ilmu ini melingkupi seluruh upaya pemerintah dalam melakukan pelayanan publik dan melindungi kepentingan publik, demi tercapai masyarakat yang sejahtera.

Saat ini, ia pun tengah mempersiapkan buku ajar mengenai Ilmu Hukum Tata Pemerintahan sebagai salah satu syarat pengukuhannya sebagai Guru Besar Unpad. Buku ini merupakan hasil revisi dari Buku Ilmu Hukum Tata Pemerintahan karyanya yang pernah diterbitkan di lingkungan terbatas pada tahun 2006, dan telah mengalami revisi pada tahun 2008.

“Itu mengikuti satuan acara perkuliahan Hukum Tata Pemerintahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan,” ungkap Prof. Nandang yang pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad tahun 2014-2015.

Prof. Nandang sendiri ditetapkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum Tata Pemerintahan terhitung 1 April 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 40735/A2.3/KP/2016 tanggal 18 Mei 2016. *

Dua buku karya Prof Nandang yang diterbitkan Universitas Terbuka dari 26 Buku yang telah dibuatnya hingga saat ini.

Dua buku karya Prof Nandang yang diterbitkan Universitas Terbuka dari 26 Buku yang telah dibuatnya hingga saat ini.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Unpad Raih Juara 1 Lembaga Kearsipan PTN Terbaik Nasional di ANRI Award 2016

Universitas Padjadjaran meraih juara 1 nasional kategori Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri pada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Award 2016. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, SE., M.Si., menyerahkan penghargaan tersebut kepada Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, pada Malam Penganugerahan ANRI Award 2016 di Jakarta, Rabu (17/08) malam.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (paling kanan) menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, SE., M.Si., atas prestasi UPT Kearsipan Unpad meraih juara 1 Lembaga Kearsipan PTN Terbaik Nasional pada Malam Penanugerahan ANRI Award di Jakarta, Rabu (17/08). (Foto oleh: Erman)

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (paling kanan) menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, SE., M.Si., atas prestasi UPT Kearsipan Unpad meraih juara 1 Lembaga Kearsipan PTN Terbaik Nasional pada Malam Penanugerahan ANRI Award di Jakarta, Rabu (17/08). (Foto oleh: Erman)

Pada kategori Perguruan Tinggi Negeri, 6 Besar PTN yang ditetapkan ANRI sebagai Lembaga Kearsipan Terbaik Nasional adalah Unpad di peringkat pertama, disusul Univeritas Indonesia sebagai juara kedua dan Politeknik Negeri Jakarta sebagai juara ketiga. Juara Harapan 1 diraih oeh Universitas Jendral Soedirman, Harapan 2 diraih Universitas Terbuka, dan Harapan 3 diraih Universitas Negeri Semarang.

“Arsip adalah jantung informasi, pusat informasi. Kalau pusat informasi itu tidak dikelola dengan baik bagaimana seorang kepala daerah bisa mengambil keputusan dengan baik, begitu juga di Kementerian. Oleh karena itu, sekarang kita canangkan gerakan nasional Sadar Arsip Nasional,” ujar Menteri.

Selain menjadi ajang pemberian penghargaan kepada para pemenang Lembaga Kearsipan Terbaik Nasional, pemenang Arsiparis Teladan Nasional, serta pemenang Lomba Karya Tulis Kearsipan, Malam Penganugerahan ANRI Award 2016 tersebut juga menjadi momen bagi pencanganan gerakan nasional Sadar Arsip Nasional, peluncuran logo terbaru ANRI, serta peresmian Mars Kearsipan Indonesia.

Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan, MPA., dalam sambutannya mengatakan, arsip nasional memiliki peran dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya dengan membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan.

“ANRI tidak hanya bertanggung jawab menyelamatkan dan melestarikan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban nasional, tetapi juga mendukung terselenggaranya good governance menuju pemerintahan yang lebih baik. Caranya melalui upaya pembinaan kearsipan yang terus menerus sehingga mampu menjadikan arsip sebagai informasi yang akuntabel dan bisa dimanfaatkan publik secara transparan,” ujar Mustari Irawan.

Turut hadir mendampingi Rektor menerima penghargaan tersebut, Direktur Tata Kelola & Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, M.Si., Kepala UPT Kearsipan Unpad, Prof. Nandang Alamsah Deliarnoor., Kepala Sub Bagian Administrasi Kearsipan Unpad, Anita Trikusumawati, dan staf UPT Kearsipan Unpad, Anne Dewi Yulianti. *

sumber : www.unpad.ac.id

Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa Sarjana Terapan (D4) dan S1 Multi Kampus Pangandaran

Rabu (17/08) besok adalah batas akhir waktu pengisian biodata online bagi calon mahasiswa baru Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Sarjana Terapan / Diploma 4 dan Program S1 Multi Kampus Pangandaran. Pengisian biodata ini dilakukan di laman http://pengumuman.unpad.ac.id.

Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto oleh: Tedi Yusup) *

Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto oleh: Tedi Yusup) *

“Dihimbau sesegera mungkin isi biodata, dan mengikuti registrasi administrasi tanggal 18 Agustus,” kata  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A.

Setelah melakukan pengisian biodata online, para peserta diharuskan melakukan pembayaran biaya pendidikan dengan menunjukkan nomor tagihan ke bank yang sudah bekerja sama dengan Unpad, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BJB, dan BTN. Pembayaran dilakukan pada 16-18 Agustus 2016.

Saat registrasi administrasi, Dr. Arry pun menghimbau agar para calon mahasiswa baru sudah terlebih dahulu mempersiapkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan registrasi. Selain itu, diharapkan calon mahasiswa D4 yang akan melakukan registrasi administrasi datang sedini mungkin untuk menghindari kemacetan karena di hari yang sama  juga akan dilakukan Open House mahasiswa baru untuk sejumlah fakultas.

Untuk peserta Program S1 Pangandaran, registrasi administrasi akan dilakukan di Kampus Unpad Pangandaran, yaitu di Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran.  Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada 21 Agustus 2016 di kampus Unpad Jatinangor.

“Tanggal 22 akan dilakukan prosesi PMB, nah sehari sebelumnya, ketika mereka sudah tiba di sini, dilakukanlah tes kesehatan,” ujar Dr. Arry.

Adapun pendaftaran dan pembayaran asrama untuk peserta S1 Pangandaran akan dilakukan saat registrasi administrasi. “Kita akan tempatkan dalam satu wisma,” ungkap Dr. Arry.

Sementara untuk peserta Program Sarjana Terapan, registrasi administrasi dilaksanakan di Bale Santika Unpad Jatinangor, dan tes kesehatan dilakukan selama dua hari, yaitu pada 18 Agustus 2016 (untuk Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan 19 Agustus 2016 (untuk Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

“Dilakukan dua hari, karena jangan sampai bentrok dengan hari Open House fakultas. Kita sudah mengaturnya,” tutur Dr. Arry.

Selanjutnya, para peserta pun diharuskan mengikuti berbagai kegiatan lain untuk mahasiswa baru, yaitu Open House pada 18-20 Agustus 2016 (sesuai jadwal fakultas masing-masing) dan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru pada 22 Agustus 2016 mendatang di kampus Unpad Jatinangor.