SPM Unpad Gelar Workshop Manajemen Mutu PT Berbasis Sistem

Berdasarkan Peraturan Menristek Dikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi setidaknya memiliki 24 standar minimal. Keseluruhan standar minimal ini terbagi atas tiga komponen, yaitu standar nasional pendidikan, standar nasional penelitian, dan standar nasional pengabdian kepada masyarakat.

Suasana Workshop Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Sistem yang digelar Satuan Penjaminan Mutu Unpad di Hotel Aston Primera Bandung, Rabu (28/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Suasana Workshop Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Sistem yang digelar Satuan Penjaminan Mutu Unpad di Hotel Aston Primera Bandung, Rabu (28/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

 

“Prodi harus sudah mempunyai standar tersendiri, disesuaikan dengan kemampuan prodi, disesuaikan dengan gaya prodi,” ujar Kepala Bidang Informasi dan Sistem Pendukung Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada, Ir. Paulus Insap Santosa, PhD, saat memberikan presentasi pada Workshop Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Sistem, yang digelar Satuan Penjaminan Mutu Unpad di Hotel Aston Primera Bandung, Rabu (28/09).

Workshop tersebut diikuti oleh manajer penjaminan mutu, penyusun standar mutu, dan staf unit penjaminan mutu di seluruh fakultas di lingkungan Unpad. Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SPM Unpad, Dr. dra. Rd Funny Mustikasari Elita, M.Si.

Paulus mengatakan, pemenuhan 24 standar minimal pengelolaan prodi ini terkait dengan proses penjaminan mutu perguruan tinggi. Proses penjaminan ini bukan sekadar dilakukan untuk sekali waktu, tetapi harus dilakukan secara berkelanjutan. Proses ini untuk memberikan kepuasan terutama bagi stakeholder perguruan tinggi.

Jika pemenuhan 24 standar minimal tersebut dipenuhi, Paulus menerangkan, program studi dapat menaikkan standar mutunya agar mendapatkan standar pengelolaan yang lebih tinggi. Namun, untuk mampu melampaui 24 standar minimal tersebut membutuhkan usaha bersama dari seluruh stakeholder universitas.

spm-1-tedispm-3-tedi“Dua puluh empat standar ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Usaha bersama pelampauan 24 standar tersebut agar pelaksanaan jaminan mutu lebih bersifat internally driven,” terangnya.

Lebih lanjut Paulus mengatakan, langkah kerja pemenuhan SNPT ini terdiri atas penetapan standar, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, hingga tahap peningkatan standar. Ketika langkah tersebut dijalankan, maka diharapkan akan terjadi peningkatan standar yang berkelanjutan.

Adapun dalam pelaksanaan SNPT ada hal-hal yang harus disiapkan, diantaranya dokumen kebijakan (pedoman tertulis), manual sistem penjaminan mutu internal, standar pengelolaan prodi, prosedur, implementasi sistem, evaluasi dan pengendalian, hingga rancangan tahapan peningkatan sistem penjaminan mutu.*

Kunjungan dari SMA Global Mandiri Cileungsi Bogor di Ruang Seminar Gedung A. Lt.2 FISIP Unpad jatinangor

Pada hari ini senin 19 September 2016 Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama Dr. Santoso Tri Raharjo, S.Sos., M.Si. didampingi Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.S.i. menerima kunjungan dari SMA Global Mandiri Cileungsi Bogor di Ruang Seminar Gedung A. Lt.2 FISIP Unpad jatinangor

fisip_kunjungan6        fisip_kunjungan3

fisip_kunjungan2        fisip_kunjungan4

fisip_kunjungan5       fisip_kunjungan1

Menpora RI Imam Nachrawi Meriahkan Mega Forsi Unpad

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, H. Imam Nachrawi, berpartisipasi pada pertandingan sepak bola persahabatan memperkuat tim Universitas Padjadjaran melawan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jatinangor pada acara Mega Festival Olah Raga, Seni dan Edukasi (Forsi) Unpad di Lapangan Stadion Jati Padjadjaran Unpad Kampus Jatinangor, Sabtu (17/09).

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Menpora RI, Imam Nachrawi (jaket merah), dan para mahasiswa Unpad sebelum melakukan pertandingan sepak bola persahabatan pada pelaksanaan Mega Forsi Unpad 2016 di Stadion Jati Padjadjaran Jatinangor, Sabtu (17/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Menpora RI, Imam Nachrawi (jaket merah), dan para mahasiswa Unpad sebelum melakukan pertandingan sepak bola persahabatan pada pelaksanaan Mega Forsi Unpad 2016 di Stadion Jati Padjadjaran Jatinangor, Sabtu (17/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

 

Dalam pertandingan tersebut, tim Unpad juga diperkuat Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., Ketua Ikatan Alumni Unpad, Hikmat Kurnia, Kepala Biro Administrasi Akademik Unpad Drs. Sudarma, M.M., Ketua BEM Kema Unpad, Navajo Bima Hadisuwarno, serta perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan staf Kemenpora.

Sementara dari pihak Muspika sendiri diperkuat oleh perwakilan pimpinan dan masyarakat dari 12 Desa di Kecamatan Jatinangor. Pertandingan tersebut juga dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Camat Jatinangor, M. Wasman Kapolsek Jatinangor, serta masyarakat umum di kecamatan Jatinangor.

Pertandingan tersebut berjalan selama 2 babak dan memakan waktu 90 menit. Pertandingan persahabatan ini dimenangkan oleh pihak Unpad dengan skor 3-2.

“Bagi saya ini sejarah, karena baru pertama kali saya bermain di lapangan hijau di Unpad,” komentar Imam.

Pertandingan persahabatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Mega Festival Olahraga, Seni, dan Edukasi (Forsi) Unpad tahun 2016 yang digelar Departemen Minat dan Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Unpad. Ketua pelaksana Mega Forsi 2016, Adrian Rizky, mengatakan kegiatan tahunan ini digelar dari 5 September hingga 25 Oktober mendatang.

Mahasiswa prodi Kimia FMIPA Unpad ini menjelaskan, Mega Forsi Unpad 2016 ini terdiri dari tiga kategori lomba, yaitu olah raga, seni, dan edukasi yang diikuti oleh mahasiswa dari 16 Fakultas di Unpad. Berbeda dengan pelaksanaan Forsi sebelumnya, Forsi tahun ini memasukkan kategori keilmuan sebagai cabang perlombaan.

“Kita coba mewadahi semua minat bakat seluruh mahasiswa, bukan hanya olahraga dan seni, tetapi juga di bidang keilmuannya,” kata Adrian.

Cabang perlombaan olahraga terdiri dari 12 kategori, yaoitu sepak bola, futsal, bola voli, bola basket, tenis meja, badminton, wall climbing, dayung, E-Sport Dota, Renang, Lari 5K, dan catur. Sedangkan untuk cabang perlombaan seni juga terdiri dari 12 kategori, yaitu: band, musikalisasi puisi, solo vokal, vokal grup, seni lukis, fotografi, perkusi, tari tradisional, modern dance, teater, jingle, short movie. Adapun untuk cabang perlombaan edukasi terdiri dari 4 kategori lomba, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), debat, pidato, dan esai. Selain perlombaan, Forsi juga akan diisi oleh pameran dan unjuk bakat dari berbagai UKM dan Komunitas di Unpad.

Lebih lanjut Adrian mengatakan, Mega Forsi ini juga menjadi ajang untuk menemukan berbagai bakat yang dimiliki mahasiswa Unpad.

“Diharapkan setelah Forsi, para pemenang lomba ini akan diikutsertakan di perlombaan tingkat daerah maupun nasional,” kata Adrian.*

sumber : www.unpad.ac.id

Unpad Berikan Penghargaan kepada Tokoh Masyarakat, Dosen, dan Tenaga Kependidikan Berprestasi

Universitas Padjadjaran memberikan penghargaan kepada  sejumlah tokoh masyarakat, dosen, dan tenaga kependidikan berprestasi pada “Malam Apresiasi dan Inspirasi” yang merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (14/09) malam.

Sebagian penerima penghargaan di "Malam Apresiasi dan Inspirasi" peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Rabu (14/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Sebagian penerima penghargaan di “Malam Apresiasi dan Inspirasi” peringatan Dies Natalis ke-59 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Rabu (14/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

 

Kategori penghargaan yang  diberikan yakni Satya Karya Bakti Mahaguru, Satya Karya Bakti Pendidikan, Satya Karya Bakti Kelas I, Satya Karya Bakti Kelas II, Satya Karya Bakti Adisiswa, Satya Karya Purnabakti, Jasa Bakti, serta Anugerah Budaya Padjadjaran.

Penghargaan Satya Karya Bakti Mahaguru diberikan kepada guru besar yang telah mengabdi selama tidak kurang 40 tahun di Unpad. Penghargaan ini diberikan kepada Guru Besar Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, Prof. Dr. Hj. Nurpilihan Bafdal, Ir., M.Sc.

Penghargaan Satya Karya Bakti Pendidikan diberikan kepada para mantan pimpinan Unpad atas dedikasi dan ketekunannya dalam mengembangkan Unpad. Penghargaan ini diberikan kepada 29 orang yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., selaku Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad 2012 – 2015.

Penghargaan Satya Karya Bakti Kelas I diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama tidak kurang dari 25 tahun di Unpad. Penghargaan ini diberikan kepada 65 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dosen maupun tenaga kependidikan. Sementara Satya Karya Bakti Kelas II diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama tidak kurang dari 15 tahun di Unpad. Penghargaan ini diberikan kepada 59 orang.

Sementara Penghargaan Satya Karya Adisiswa Pajajaran diberikan kepada mahasiswa Unpad baik program Sarjana maupun Pascasarjana yang memiliki prestasi akademik dan/atau mengabdi di masyarakat, serta mengharumkan nama Unpad di kancah nasional maupun internasional. Penghargaan ini diberikan kepada Yoviana Aprilia (FEB), Navajo Bima Hadisuwarno (FISIP), dan Faldi Adisajana (Faperta).

Penghargaan Satya Karya Purnabakti diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah memasuki usia pensiun.. Penghargaan ini diberikan Dr. Ir. Yayat Rochayat Suradinata, M.P., Dosen Fakultas Pertanian.

Dalam kesempatan tersebut juga diumumkan nama-nama dosen dan tenaga kependidikan berprestasi Unpad tahun 2016. Acara dipandu dengan MC Kamidia Radisti, dan dimeriahkan oleh hiburan musik dari grup musik Kahitna, Trio Sagita, dan grup musik perwakilan alumni Unpad.

Penghargaan lainnya yang diberikan adalah sebagai berikut:

Anugerah Budaya Padjadjaran: Koko Koswara: pencipta Karatagan Padjadjaran, serta Sunarya dan Wiradikarta: pencipta lambang Unpad
Penghargaan Bina Riset: Asri Peni Wulandari, PhD (FMIPA), Bachti Alisjahbana, dr., SpPD-KPTI, PhD (FK), Prof. Dr. Husein H. Bahti (FMIPA)
Dosen Terbaik : Dr. Ir. Eng. I Made Joni, M.Sc., (FMIPA)
Kepala Program Studi Terbaik: Nono Carsono, S.P., M.Sc., PhD (Faperta)

Tenaga Kependidikan Berprestasi
Pengelola Keuangan Berprestasi: Mutia Resmi, SE., MM (Direktorat Keuangan)
Laboran Berprestasi: Kikin Winangun, Amd (Fakultas Peternakan)
Administrasi Akademik Berprestasi: Mohammad Ahmadar, A.Md., (Fakultas Kedokteran)
Pustakawan Berprestasi I: Sri Rakhmiyati, S.Sos., M.Ikom (Fakultas Hukum)
Pustakawan Berprestasi II: Karina Novyanti, S.Sos (Fakultas Ilmu Komunikasi)
Pustakawan Berprestasi III: Eneng Tresnawati, S.Pd., M.Si. (FISIP)
Arsiparis Berprestasi I: Dafit Pancasena A., S.Si (Direktorat Keuangan)
Arsiparis Berprestasi II: Wawat Setiawati, S.IP (Fakultas Ilmu Komunikasi)
Arsiparis Berprestasi III: Juju Juariah, A.Md (Fakultas Ilmu Budaya)*

sumber : www.unpad.ac.id

Menristekdikti, “Selain Berpikir Akademik, Rektor PTN Badan Hukum Juga Harus Berperan sebagai CEO”

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. Moh. Nasir, PhD, Ak., memberikan orasi ilmiah dalam acara peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (14/09). Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nasir membacakan orasi ilmiah bertajuk “Transformasi Perguruan Tinggi dan Daya Saing Bangsa”. Continue reading Menristekdikti, “Selain Berpikir Akademik, Rektor PTN Badan Hukum Juga Harus Berperan sebagai CEO”

Unpad Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Kemendikbud

Universitas Padjadjaran menandatangani Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Program Beasiswa Unggulan. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, dan Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, PhD di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (7/09) malam.

Sekjen Kemendikbud RI, Didik Suhardi, PhD. (tengah) dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, serta Wakil Rektor III Unpad, Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., usai penandatanganan Nota Kesepahaman di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (7/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Sekjen Kemendikbud RI, Didik Suhardi, PhD. (tengah) dan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, serta Wakil Rektor III Unpad, Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., usai penandatanganan Nota Kesepahaman di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (7/09) malam. (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Sinergi ini harus lebih kuat terbangun karena awalnya kita lahir dari rumah yang sama. Ini bukan sekadar kerja sama, dalam istilah kami ini adalah interdepedensi atau saling ketergantungan. Jadi, sinergi ini memang sebuah kebutuhan,” ujar Rektor Unpad.

Lebih lanjut Rektor Unpad mengatakan, sinergi tersebut dilakukan untuk membangun sumber daya manusia yang lebih baik. Namun tujuannya bukan sekadar membangun SDM, tetapi bagaimana pembangunan SDM ini harus memiliki relevansi yang kuat pada tantangan yang kita hadapi.

Sementara Sekjen Kemendikbud mengatakan, untuk menghadapi era pelayanan yang lebih baik kita memang harus mempersiapkan SDM yang unggul. Selain itu, perlu juga didorong program afirmasi bagi SDM dari daerah 3 T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

“Jika harus bersaing secara reguler, mereka yang dari daerah 3 T akan lebih sulit berhasil. Untuk itu perlu ada program afirmasi. Semoga dengan MoU ini, Unpad juga bisa lebih memperhatikan program afirmasi bagi mereka,” ujar Sekjen Kemendikbud yang langsung direspon positif oleh Rektor Unpad.

Pada kesempatan yang sama, Unpad dan Kemendikbud juga menandatangani Piagam Kerja Sama, khususnya antara Fakultas Ekonomi & Bisnis dengan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud yang ditandatangani oleh Wakil Dekan I FEB Unpad, Mohamad Fahmi, SE., MT., PhD., dan Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud, Ir. Suhari, MA., PhD.

Usai penandantanganan Nota Kesepahaman dan Piagam Kerja Sama, Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, PhD., memberikan kuliah umum bagi mahasiswa program Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad di Ruang Serba Guna Lt. 3 Unpad Jln. Dipati Ukur 35 Bandung. *

CAREER FAIR SBM ITB 2016

[Poster]-CAREER-FAIR_ver2-(eksternal)_001

SBM ITB mengundang Anda semua untuk menghadiri :

CAREER FAIR SBM ITB 2016

Sasana Budaya Ganesa (SABUGA ITB)

26 – 27 August, 2016

09.00 – 17.00

PEMBUKAAN OLEH REKTOR ITB Pukul 09.00 – 09.30

Berikut adalah perusahaan peserta :

Bersama Zatta Jaya (Elzata), Bank of Tokyo Mitsubishi, Coca Cola Amatil Indonesia, Paragon Technology & Innovation (Wardah Cosmetics), Mitra Pinasthika Mustika, Korelasi Persada Indonesia, Blibli.com, Daya Adicipta Motora, OCBC NISP, Asuransi Jiwa Manulife, Deteksi Basket Lintas Indonesia, Jawa Pos, Bursa Efek Indonesia (IDX), CIMB Niaga, Astra International, Toyoya Astra Finance, FIF Group, Bina Pertiwi, BFI Finance Indonesia, Cita Rasa Prima (Warung Upnormal, Baso Boedjangan, Sambel Karmila, Nasi Goreng Mafia), Moeslema, Grid Inc, Mid Plaza Holding, Sysmex Indonesia, Wijaya Kusuma Contractor, PT. Indofood Sukses Makmur, Danone, Bank Danamon, MRT Amanah, PT. Sinergi Sukses Digitalindo (Alibaba.com), Transvision, Sense Health Indonesia, Pinjam.co.id, Suritex, Triputra Group, Microsoft, Jalurkerja.com,Astronaut Technologies, Agung Podomoro land, Geitekindo, Delapan Empat Sakti, Polyfilatex (FILA), BNI Syariah, Multistrada Arah Sarana, Ace hardware, Informa, Chatime, WOM Finance, Garuda Indonesia…. Dan masih banyak lagi….

Hadir pula booth para wirausaha mahasiswa dan alumni SBM ITB :

Cokelat Klasik, Supaku Company, Moosh Indonesia, Manook Garage, Share bag, Mokies, Berlian Digital Solution, Arna Ethnic Fashion, Gran, Dianov, Natastika.

Jangan lupa untuk hadir pada presentasi/workshop berikut ini :*

JUMAT, 26 AGUSTUS 2016

10.30-11.15  Talkshow Entrepreneurship “SynergyForSuccess”

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/TalkshowElcorps

10.30-11.15   Presentasi dari Jalurkerja.com

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiJalurKerja

14.30-15.15  Workshop & Presentasi PT. Sysmex Indonesia “Talent, Passion &   Calling”

Lokasi : Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiSysmexIndonesia

15.30-16.00  Presentasi dari Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ

Lokasi ;  Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiBTMU

 

SABTU, 27 AGUSTUS 2016

9.00 – 9.30     Seminar Business Trend – GEN M

di Auditorium SBM, Gedung SBM-ITB Lantai 2

daftar online bit.ly/SeminarGenM

9.00 – 11.00   Seminar dari Grid Inc

di ruang 2E, Gedung SBM-ITB

daftar online bit.ly/SeminarGrid

10.30-11.15   Presentasi dari PT. Paragon Technology & Innovation

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiWardah

11.30-12.15  Talkshow & Hijab Tutorial “Dress for Success”

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/TalkshowDressForSuccess

12.30-13.00  Presentasi dari PT. Manulife

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiManulife

13.00-13.45  Presentasi dari Mitra Pinasthika Mustika

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiMPM

14.00-14.45  Presentasi dari Astronaut Technologies

di Panggung Utama Sabuga ITB

daftar online bit.ly/PresentasiAstronautTechnologies

(UNTUK PESERTA UMUM DAPAT MENDAFTAR SECARA ONLINE DI TEMPAT)

*Keterangan :

Tersedia sertifikat bagi peserta presentasi/workshop/Talkshow

Bagi mahasiswa MBA ITB akan mendapatkan stempel seminar (sesuai ketentuan).

 

Informasi lebih lanjut :

Career Service SBM ITB

career@sbm-itb.ac.id

022 2504308 ext 117

Open House bagi Mahasiswa baru FISIP UNPAD tahun 2016.

Sabtu tanggal 20 Agustus 2016 yang lalu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan acara Open House bagi Mahasiswa baru FISIP UNPAD tahun 2016.

Acara dilaksanakan di lapangan basket FISIP UNPAD mulai pukul 09.00 pagi sampai 12.00 siang. Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan: Dr. Arry Bainus, M.A, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, SIP., SSi., MT., MSi (Han), Wakil Dekan, Manajer, Perwakilan Senat Fakultas, Pimpinan Departemen, Pimpinan Prodi S1 dan Pasca sarjana, Kabag, Kasubag, Kaur dan yang lainnya.

Pada acara ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran memberikan salam hormatnya kepada seluruh orang tua mahasiswa yang hadir, sekaligus mengenalkan jajaran pimpinan dan pengelola Fakultas, Departemen dan Program Studi. Diutarakan juga kepada para orang tua, visi pembelajaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yaitu pembelajaran berbasis riset. Pada model pembelajaran ini, mahasiswa dan dosen dituntut bersama untuk belajar berbasis hasil riset, dan melakukan proses belajar sambil menghasilkan riset yang terpublikasi.

Disamping itu, ditampilkan pula sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang telah menorehkan prestasi baik Nasional maupun Internasional. Hal ini dilakukan untuk memberikan semangat, teladan dan inspirasi bagi adik-adik mahasiswanya, serta memberikan informasi kepada para orang tua bahwa Fakultas, Departemen dan Program Studi memiliki visi yang kuat untuk pengembangan prestasi kemahasiswaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembentukan pengurus POMA FISIP, yang diwakili oleh perwakilan orang tua dari masing-masing program Studi yang ada. Selanjutnya, acara Open House FISIP UNPAD diakhiri dengan penerimaan orang tua mahasiswa oleh masing-masing program studi. Pada sesi tersebut, orang tua dan mahasiswa baru dapat bertanya dan berkonsultasi lebih lanjut dengan pimpinan prodi, terkait proses belajar mengajar yang akan ditempuh oleh anak-anak mereka nantinya. (HeryWibowo)