FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS PADJADJARAN

Tiga orang mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP Unpad berhasil meraih prestasi dalam Lomba Essay tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Politik FISIPOL Universitas Andalas Sumatera Barat. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Rahmad Riadi, Elvi Annisa, dan Hanif Arrazi. Ketiganya adalah mahasiswa Ilmu Politik Angkatan 2014.

1424088644926 1424090897630

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tanggal 17 – 18 Februari 2015 di Vila Pemkab Solok Danau Di Atas, Sumbar dan diikuti oleh peserta dari 13 perguruan tinggi se-Indonesia, delegasi Ilmu Politik memaparkan essay berjudul “Sumatera Barat Layak Diistimewakan”. Essay tersebut berhasil memenangkan peringkat ketiga setelah UIN Jakarta yang meraih peringkat pertama dan UNIBRAW di peringkat kedua. (Laporan oleh: Fikri/Carol)

Universitas Andalas Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Kongres Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik seluruh Indonesia pada tanggal 17-18 Februari 2015 di Vila Pemkab Solok, Danau Diatas, Sumatera Barat. Kongres ini merupakan yang pertama di Indonesia dan Universitas Andalas mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pertama.

B9_KG01CYAEdrCm.jpg-large

Sebanyak 13 perguruan tinggi mengikuti Kongres Mahasiswa Ilmu Politik tersebut, antara lain Unand, Unair, Unhas, UI, Universitas Islam Negeri Jakarta, ISIP Jakarta, Unimal, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Unpad, Universitas Sumatera Utara, Unsyiah, dan Universitas Tanjung Pura Banjarmasin.

Selain membahas berbagai isu penting yang tengah terjadi dalam dinamika politik Indonesia saat ini, Kongres ini juga mencari satu suara bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mendukung politik bersih. Hasil dari Kongres tersebut adalah pembentukan Himpunan Mahasiswa Ilmu Poltik Indonesia (HIMAPOL Indonesia). Susunan kepengurusan dipimpin oleh Ketua terpilih, yaitu M. Zulkarnain dari Universitas Hasanuddin Makassar. Dibantu dengan Koordinator Wilayah (Korwil), yang terbagi menjadi 4 wilayah, yakni Korwil 1 meliputi Pulau Sumatera, Indonesia Barat (dengan koordinatornya Moslem dari Universitas Malikussaleh, Lhoksumawe Aceh); Korwil 2 mencakup wilayah Jabodetabek (dikordinatori oleh Travellio Augusta dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta); Korwil 3 meliputi wilayah Jabar, DIY, Jateng, Pulau Kalimantan, dan Indonesia Tengah (dengan Koordinator M. Hanif Arrazi dari Universitas Padjadjaran); serta Korwil 4 mencakup Jatim, Bali-Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, Indonesia Timur (dengan Koordinator Regsa dari Universitas Brawijaya Malang). Tindak lanjut dari hasil Kongres ini adalah penyelenggaraan Rakernas direncanakan berlangsung di Universitas Brawijaya, paling lambat tanggal 30 September 2015

(Laporan oleh: Fikri/Carol).

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad menerima kunjungan dari rombongan mahasiswa Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire Papua, dalam kegiatan yang dinamakan Studi Banding Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Uswim-Unpad.

Kegiatan itu diselenggarakan pada hari Kamis, 12 Februari 2015, bertempat di kampus FISIP Unpad Jatinangor, dengan peserta dari Uswim yaitu 60 mahasiswa dan 7 dosen, serta Rektor Uswim Nabire, Drs. Petrus Izaach Suripatty, M.Si.

Sedangkan dari FISIP Unpad sendiri studi banding ini dihadiri oleh para mahasiswa dan para dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan, serta dua orang Guru Besar FISIP Unpad, yaitu Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, M.A. dan Prof. Dr. Drs. H. Dede Mariana, M.Si., yang akan menjadi narasumber dalam ceramah studi banding ini.

Selama sesi ceramah pada studi banding ini, mahasiswa Unswim lebih tertarik pada pembahasan tentang pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia serta teknis-teknis ilmu pemerintahan yang harus diimplementasikan dalam rangka membangun daerahnya di Nabire Papua. Para Guru Besar FISIP selaku narasumber studi banding ini memberikan banyak sekali pengetahuan baru dan pencerahan terkait ilmu pemerintahan dari pengalaman-pengalamannya yang sangat bermanfaat untuk diketahui para mahasiswa.

Di akhir acara, para narasumber berharap agar mahasiswa Uswim Nabire Papua dapat memberikan kontribusi terbaik bagi daerahnya yang sangat berbeda kondisinya dengan kota-kota di wilayah Barat Indonesia. Dengan berbekal ilmu pemerintahan yang dipelajari dan diperkuat dengan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat, diharapkan generasi muda Nabire kelak dapat menghidupkan pemerintahan di Papua dan dapat berperan dengan sungguh-sungguh dalam menerapkan kebijakan peraturan daerah dan peraturan pusat, sehingga tujuan masyarakat Papua dapat tercapai.

Sumber : http://www.nabire.net/studi-banding-mahasiswa-uswim-nabire-ke-unpad-bandung/

Pada hari Selasa, 17 Februari 2015, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber seorang Bupati dari Kabupaten Indragiri Hulu- Riau, H. Yopi Arianto, S.E., dengan topik kuliah umum “Menjemput Aspirasi untuk Mewujudkan Indragiri Hulu Sejahtera”. Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Dalam penjelasannya pada kuliah umum ini, Bupati Indragiri Hulu Riau ini menyampaikan berbagai pengalamannya selama ia memulai pemerintahannya serta target-target yang telah dicapai yang dapat dinilai sangat sukses. Dengan berbagai tantangan, terutama dalam tantangan geografis dimana wilayah pemerintahannya yang terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, dan rawa-rawa, yang tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi Pak Bupati untuk mempertahankan semangatnya tetap menjadi aspirasi masyarakatnya guna mencapai Indragiri Hulu sejahtera.

Bupati Indragiri Hulu Riau ini membahas tentang tiga tema utama dalam usahanya menjemput aspirasi, yaitu 1) Pelaksanaan Pembangunan, yaitu terdiri dari penyusunan kebijakan pembangunan, interaksi langsung, pengawasan; 2) Pelayanan Publik, yaitu terdiri dari kesehatan, pendidikan, pengurusan perizinan satu pintu, pelayanan administrasi kecamatan terpadu (PATEN); serta 3) Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan, yaitu terdiri dari PPID, transparansi anggaran dan pendapatan, dan industri ekstraktif. Hasil dari tiga tema aspirasi itu adalah meningkatnya APBD Kabupaten Indragiri Hulu dari tahun ke tahun, meningkatnya pembangunan manusia yang berimbas pada menurunnya indeks angka kemiskinan.

Antusiasme mahasiswa dan dosen yang menghadiri kuliah umum ini jelas terlihat, dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan seputar pelaksanaan pemerintahan serta berbagai inovasi akan strategi yang dilakukan agar tidak ada yang merasa dirugikan atas keputusan yang dibuat. Bupati memberikan kesimpulan bahwa tidak ada cara yang lebih baik, selain memberikan segala sesuatunya dengan tulus dan tanpa pamrih, serta komunikasi dua arah yang membawa kesepakatan bersama atas terlaksananya program-program yang telah dibuat.

Kegiatan kuliah umum ini diakhiri pada pukul 16.00 WIB. Setelah sesi foto bersama, maka Bupati Indragiri Hulu Riau ini pun kembali melanjutkan kegiatan yang sudah dijadwalkan.

Sumber : http://ipem.fisip.unpad.ac.id/kuliah-umum-bupati-indragiri-hulu-riau-pada-program-studi-ilmu-pemerintahan-fisip-unpad/