Sinergi Sivitas Fisip dalam Mengaplikasikan Proses Belajar Daring di tengah wabah covid-19

Sinergi Sivitas Fisip dalam Mengaplikasikan Proses Belajar Daring di tengah wabah covid-19
Hadirnya wabah covid-19 di Indonesia, telah membuat berbagai pihak melakukan adaptasi dan penyesuaian diri. Termasuk dalam hal ini adalah institusi pendidikan yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menyelengarakan proses belajar mengajar bagi siswa dan mahasiswa.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam hal ini juga segera merespon dengan mengubah pola pembelajaran menjadi berbasis online/daring. Beragam media dan instrumen digunakan untuk mendukung komitmen penyelenggaraan proses belajar mengajar. Para Dosen di Lingkungan Fisip Unpad, bersemangat untuk mencoba beragam pola pembelajaran jarak jauh. Beragam aktivitas perkuliahan maupun sidang usulan riset maupun hasil penelitian dilakukan secara jarak jauh.

Perwakilan mahasiswa, khususnya yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan, juga bergerak khususnya membantu pendataan lokasi tempat tinggal mahasiswa, mengindentifikasi mahasiswa yang perlu pindah ke asrama, serta mengkoordikanisasikan mahasiswa yang membutuhkan kuota.

Sebagai subjek penerima manfaat penyelenggaraan pendidikan, mahasiswa (melalui organisasi kemahasiswaan) pun aktf memberikan pendapat atau masukannya demi kelancaraan proses belajar secara daring ini, agar seluruh mahasiswa mendapatkan manfaat maksimal.
Berikut pendapat dari Ketua Bem Fisip Unpad dan ketua BPM Fisip Unpad.

Fajar Chaniago FISIP 2017

“Hadirnya pandemi COVID-19 menjadi sebuah tantangan yang harus kita sikapi dengan pundak yang kuat dan hati yang mantap. Tidak perlu terlena cukup lama dengan keadaan, karena masa depan harus kita persiapkan. Pembelajaran daring yang nyaman sesuai harapan adalah hal yang tentu kita inginkan, akan tetapi ketidaksempurnaan selalu datang pada sebuah ketidaksiapan. Evaluasi dan semangat perbaikan adalah yang kita butuhkan saat ini untuk bisa merefleksikan poin-poin kekurangan menjadi kesempurnaan dalam pembelajaran. Pelayanan yang membantu dalam melancarkan pembelajaran akan selalu dikawal sehingga bisa ditingkatkan supaya memudahkan. Semoga kita semua bisa terus berupaya bukan hanya bersuara tanpa aksi nyata dalam bahu membahu menghadapi masalah bersama. Sekiranya ini jalan bagi kita yang mampu melewatinya, mari berjuang dan tetap jaga kesehatan. Untuk kamu, #stayathome ya dan Salam hangat, Satu FISIP Bangga!”

Ketua BPM FISIP Unpad
Michael Sitohang FISIP 2017


“Setiap fase yang kita jalani saat ini, pasti akan mendatangkan pembelajaran untuk fase berikutnya. Selama pandemi COVID-19, proses pembelajaran tetap berlangsung, mengingatkan bahwa tiada hal yang bisa menghentikan proses pembelajaran. Memang terdapat kekurangan, tetapi kita harus melihat dampak positif yang diberikan. Harapannya adalah kita saling bahu membahu dalam berbenah dan menutupi kekurangan, sehingga kedepan dapat berjalan lebih baik lagi. Ada pepatah mengatakan kita tidak akan paham arti kesenangan tanpa merasakan kesusahan terlebih dahulu. Jadi tetap semangat dan sukses untuk kita”
Demikian perwakilan pernyataan mahasiswa terkait dengan situasi pandemic ini, serta harapan mereka akan proses belajar mengajar yang sedang dijalani. (HW/Humas)