Mahasiswa Fisip berinovasi sosial membangun layanan kemanusiaan terkait Covid-19

Terdorong Empati untuk membantu, Mahasiswa Fisip berinovasi sosial membangun layanan kemanusiaan terkait Covid-19
Skema belajar dari rumah total, ternyata tidak membuat mahasiswa menjadi kehilangan dari kritis dan empatinya. Melalui komunikasi jarak jauh dan pertemuan daring yang intesif, mahasiswa ternyata tetap mampu menunjukkan dirinya sebagai agen-agen perubahan dan aktor-aktor penggerak yang dapat diandalkan

Menyikapi Pandemic Covid-19 ini, sejumlah mahasiswa tampil dengan inovasi sosialnya untuk mencoba memberikan sepercik kontribusi bagi masyarakat Indonesia.

Sejumlah mahasiswa dari Prodi Ilmu Politik, khususnya Angkatan 2013 misalnya, berusaha menggalang dana melalui kampanye kreatif mereka. Adapun donasi akan diperuntukkan bagi pembelian masker dan dibagikan gratis kepada masyarakat. Informasi lebih dalam dapat ditanyakan pada penanggung jawab program yaitu Diffa (081772881016) dan Abil (082219178954)

Beberapa mahasiswa dari Prodi Kesejahteraan Sosial, membuka layanan konseling (curhat seputar covid). Program dilakukan berbasis akun Instagram Here n Hear, yang dilatarbelakangi oleh keresahan yang dirasakan oleh masyarakat ketika harus melakukan aksi karantina mandiri. Maka dari sejumlah mahasiswa kemudian tergerak untuk membuka Platfrom online dengan nama Here n Hear, sebagai media untuk menceritakan keluh kesah sehingga dapat mendengarkan, mendampingi dan memberikan layanan profesional dalam lingkup Pekerjaan Sosial kepada siapa saja untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi saat Stay at Home, Work From Home (WFH) , dan Self-Quarantine.
Sejumlah mahasiswa yang terlibat antara lain adalah Ade Tatan, Aufa Hanum, Bimby Gita, Debby Maharani, Galih Haidar, Rajih Faiz Rabbani, Rima Hardianti, Syeikha Setiawan dan Wildan Muhammad.

Sementara itu inovasi sosial yang dibangun oleh mahasiswa dari Administrasi Keuangan Publik adalah dengan membangun sebuah situs di internet yang berupaya menjadi pusat informasi hal-hal positif terkait COVID-19, seperti ajakan untuk tepat bersemangat ditengah karantina mandiri dll. Adapun lamannya ada di https://kewirausahaanakp19.blogspot.com/.
Sejumlah aksi lain dilakukan secara beragam oleh mahasiswa, seperti mengubah akun pemasaran kewirausahaannya menjadi akun edukasi covid-19 seperti @Snackin.yukss, @markie.id, @dicaian.id, @beli.jangan dll
Semoga beragam aksi mahasiswa ini dapat menjadi, oase kesejukan ditengah upaya pemerintah mencegah penularan virus corona ini, serta menjadi pertolongan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terbaik (HW/Humas)