EMPATI KEPADA IBU RUMAH TANGGA, MAHASISWA UNPAD KEMBANGKAN APLIKASI BELANJA SAYUR SECARA DARING

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran (dimana salah satu penggagasnya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) yang berlokasi tempat tinggal di Kerawang Jawa Barat tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu masyarakat. Mereka adalah Irvan Sudirman (Ilmu Pemerintahan-FISIP), Langkap Kesowo (Akuntansi), Muhammad Zaky Algifari (Hukum-FH), Muamar Alfi Idris (Ekonomi Pembangunan-FEB) dan Ayu Wandira (Biologi-FMIPA).


Melalui diskusi intensif terkait permasalahan di daerahnya, mereka bersepakat untuk membuat sebuah aplikasi digital yang memudahkan ibu-ibu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya mendapatkan sayuran, tanpa harus banyak bergerak meninggalkan rumah dan memasuki kerumunan. Mereka menyadari bahwa sayuran dan buah2an adalah bahan kebutuhan utama rumah tangga sehari-hari, yang seringkali untuk mendapatkanya harus berjibaku ke pasar tradisonal. Adapun tukang sayur yang menjajakannya dengan berkeliling kompleks juga semakin terbatas.

Karya mereka dinanamakan lapak-karawang. Aplikasinya dapat diakses di http://lapak-karawang.com/. Sungguh sangat perlu diapresiasi karya kreatif dari Mahasiswa ini. Semoga semakin hari semakin banyak lagi tumbuh inovasi sosial dari para pembelajar di Perguruan Tinggi untuk membantu masyarakat Indonesia. (Humas/HW)