Rahmah Ramadhani Jadi Delegasi Terbaik di Asia Youth International Model United Nations, Malaysia

Mahasiswa Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran Rahmah Ramadhani memperoleh Grand Award sebagai Delegasi terbaik dalam konferensi Asia Youth International Model United Nations yang diselenggarakan di Sunway Putra Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia. 15 – 18 Februari lalu.

Asia Youth International Model United Nations merupakan simulasi sidang PBB bergengsi. Setiap delegasinya dituntut menjadi diplomat negaranya dengan menerapkan skill public speakingdebatingdiplomatingbrainstorming, hingga collaborating.

Lebih dari 500 peserta bersaing dalam 6 council. Peserta tersebut berasal dari berbagai negara dari benua Asia, Afrika, Amerika, hingga Eropa. Rahmah sendiri berlomba engan 95 delegasi lainnya sebagai delegasi Netherlands di SOCHUM, dengan topik Combating Xenophobia and Bigotry in Sovereign Countries.

Terdapat 4 Grand Award yang diberikan kepada 4 delegasi terbaik, yaitu Best Delegate, Outstanding Delegate, Best Position Paper, hingga Honorable Mention. Penghargaan Best Delegate merupakan penghargaan tertinggi berdasarkan nilai yang terbaik. Penilaian meliputi sisi akademik, kepemimpinan, dan pengaruhnya dalam ajang itu.

“Banyak yang ingin mengikuti ajang ini, namun kendala dana dan kefasihan berbahasa Inggris biasanya menjadi permasalahannya. Saya ingin teman-teman dari Universitas Padjadjaran lainnya memberanikan diri juga untuk mengikuti acara-acara seperti ini. Selain bermanfaat untuk pengembangan diri, membawa pulang penghargaan dapat membuktikan pula bahwa almamater kita punya sumber daya manusia yang bagus untuk bersaing di luar sana,” ujar Rahmah.(am)*

Sumber : www.unpad.ac.id