Seminar Kebangsaan “Sosialisasi Empat Pilar MPR RI”

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2019, Bertempat di Gedung B Ruangan 301 FISIP Unpad. Dihadiri oleh Civitas Akademika Administrasi Publik meliputi beberapa dosen Administrasi Publik dan 150 mahasiswa dari jurusan Administrasi Publik dan Ilmu Politik Unpad serta Rombongan dari Tenaga Ahli MPR-RI. Acara dimulai pada pukul 13.35 WIB. Narasumber Utama: Dr. Dede Yusuf M. Efendi dan Dr. Dedi Sukarno, S.IP., M.Si. Moderator Dr. Elisa Susanti, S.IP., M.Si.

Kegiatan dilakukan atas kerja sama dari MPR-RI dengan Departemen Administrasi Publik Unpad. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Departemen Administrasi Publik FISIP Unpad Dr. Asep Sumaryana. Kemudian, sambutan dari Dede Yusuf sebagai narasumber utama. Selanjutnya, pembacaan CV narasumber oleh moderator. Dede Yusuf memberikan paparan mengenai kehidupan berdemokrasi di Indonesia mengangkat tarik ulur karier politik beliau di Indonesia.

Dr. Dedi Sukarno memberikan penjelasan mengenai tinjauan terhadap 4 konsensus Nasional (4 Pilar Kebangsaan) РDalam perspektif akademis. Beliau juga memaparkan tentang bagaimana pentingnya peran pemuda di dalam mempraktikkan dan menjaga  nilai-nilai yang terdapat pada 4 konsesus nasional yaitu Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Harapan-harapan tersebut dapat tercapai melalui cara-cara tertentu, yaitu melalui pendidikan dan kebudayaan terutama penegakan terhadap prinsip-prinsip Nasionalisme bagi pemuda masa kini. Internalisasi dan proses rethinking bersama tentang konteks nasionalisme. Adapun startegi perubahan demi perbaikan tersebut dapat ditempuh melalui penguatan kelembagaan publik serta pendekatan secara struktural, kultural dan partisipasi.

Kegiatan ditutup oleh pembagian sertifikat kepada perwakilan dari mahasiswa Administrasi Publik dan sesi foto-foto bersama mahasiswa dan tamu undangan

(mr/Humas FISIP Unpad)