KKN Tematik Citarum Harum

Universitas Padjadjaran kembali meluncurkan program KKN tematik, yang kali ini bekerja sama dengan Kemenristekdikti. Program “Kembalikan Citarum Harum” merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang ada di DAS Citarum. Meskipun sudah mencanangkan program “Kembalikan Citarum Harum”, pada kenyataannya langkah yang ditempuh tidaklah mudah mengingat kompleksitas permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Masalah semakin parahnya kerusakan lingkungan, tidak tertibnya perilaku masyarakat dalam menerapkan fungsi sungai, adanya mismanajemen dalam pengelolaan sungai serta masih rendahnya kepedulian berbagai pihak dalam mengatasi masalah DAS Citarum menjadi hambatan untuk mewujudkan program “Kembalikan Citarum Harum”. Peran Perguruan Tinggi sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan program dalam upayanya merevitalisasi DAS Citarum.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum merupakan program terobosan yang saat ini sedang disempurnakan dalam implementasinya. Kegiatan KKN Tematik Citarum Harum ini diselenggarakan berdasarkan konteks wilayah dan justifikasi isu di lapangan serta upaya pemecahan masalah terkait DAS Citarum. Dalam kegiatan KKN Tematik Citarum Harum, mahasiswa yang menjadi peserta dan dosen yang menjadi pembimbing lapangan, akan bekerja sama dengan berbagai elemen dari masyarakat untuk mengintegrasikan ide dan gagasan untuk membangun solusi implementatif dari permasalahan DAS Citarum yang diwujudkan dalam program kerja pada Desa yang menjadi lokasi kegiatan KKN Tematik Citarum Harum.

Metode yang digunakan dalam KKN Tematik Citarum Harum adalah Participatory Actions Research (PAR) dengan menekankan upaya untuk membangun kolaborasi antara Mahasiswa, Dosen dan berbagai elemen masyarakat sebagai upaya mengatasi permasalahan di DAS Citarum terutama dalam upayanya untuk mengendalikan laju erosi dan lahan kritis, mengendalikan limbah sampah dan agro kompleks (peternakan dan pertanian), konservasi air, pengendalian run off, serta sanitasi, dan mitigasi bencana yang dilakukan dengan desain untuk menciptakan masyarakat yang secara aktif terlibat dalam pengelolaan lingkungan di DAS Citarum khususnya di DAS Citarik.

Dengan metode PAR ini di harapkan dosen dan mahasiswa melakukan rekayasa sosial dengan pendekatan warga aktif baik dengan konsep design thinking, pemetaan dan perencanaan sosial dan terutama Active Citizen sehingga di dapat solusi permasalahan DAS Citarum dengan dampak yang diinginkan dari dilaksanakannya kegiatan KKN Tematik Citarum Harum adalah : terbentuknya kelembagaan untuk penanangan masalah di DAS Citarum untuk : terkelolanya data base Citarum, terciptanya Collaborative Governance semua pihak yang terkait DAS Citarum, terbangunnya multidisiplin riset dan aksi riset melalui rekayasa teknologi serta rekayasa sosial pembangunan DAS Citarum yang berkelanjutan, serta terciptanya civil society yang peduli terhadap DAS Citarum.

Unduh:  PEDOMAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA TEMATIK CITARUM HARUM

(HW/C/HumasFisip)