Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP Unpad menyelenggarakan Sekolah Legislatif Rangkaian Pertama

(Sabtu, 12/10/2019) Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Sekolah Legislatif Rangkaian Pertama,dengan tema “Penguatan Peran Legislatif ; Membangun legislator muda berjiwa profesional, komunikatif, aktif dan kreatif ” , sebuah upaya aktif kaderisasi dalam konteks kelegislatifan.

Sekolah Legislatif tahun ini menghadirkan pembicara dari Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Diah Pitaloka, S.Sos., M.Si. dan Peneliti Nasional Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus, serta dimoderatori oleh Dosen Ilmu Pemerintahan Unpad pakar politik pemerintahan pusat bapak Idiil Akbar, S.IP.,M.IP.

Kali ini anggota DPR RI memaparkan mengenai teknis penyerapan aspirasi, alur advokasi, dan pencapaian program legislasi nasional (prolegnas). Adapun peneliti Formappi, sebagai pembanding, memaparkan mengenai evaluasi kinerja DPR dan evaluasi kaderisasi internal partai politik. Pada tahun ini Rangkaian Pertama Sekolah Legislatif FISIP 2019 terbuka untuk umum dengan dihadiri 90 mahasiswa dari multi fakultas yang diikuti dengan rasa antusias tinggi dari peserta yang dilihat dalam sesi tanya jawab, dimana dua termin pertanyaan masih dinyatakan kurang karena masih banyak yang ingin menyampaikan pertanyaan terhadap narasumber , tetapi waktu sudah dinyatakan selesai.

Melalui Sekolah Legislatif 2019, BPM FISIP berkomitmen menghadirkan sebuah kontribusi, untuk memanamkan, membangun dan menumbuhkan jiwa kelegislatifan untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran terkhusus Peserta Sekolah Legislatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.