2nd International Conference on Security Studies

2nd International Conference on Security Studies

Pada Hari Minggu 13 Oktober 2019 ,  bertempat Unpad Training Centre (UTC) Bandung, Pusat Studi Keamanan Nasional dan Global FISIP Unpad mengadakan International Conference dengan tema : 2nd International Conference on Security Studies.  Acara tersebut di isi oleh Keynote Speaker bertaraf International diantaranya adalah Associate Prof. Dr. Jatswan Singh A/l Harnam Singh dari Universiti of Malaya (Malaysia), Associate Prof. Dr. Leonard C. Sebastian sebagai Coordinator of the Indonesia Programme at the S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), dan Dr, Arfin Sudirman (pakar studi keamanan FISIP Unpad)

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FISIP Unpad Bapak Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.Si., S.IP., M.T., M.Si (Han). “Pembahasan tentang  Security Studies merupakan pembahasan yang sangat penting untuk didiskusikan, sehingga perlu kita diskusikan bersama dengan  peneliti-peneliti bertaraf Internasional yang memang telah melakukan riset-riset dalam isu-isu tersebut.”

 

Ketua Pusat Studi keamanan Nasional dan Global FISIP Unpad mengatakan bahwa kegiatan seminar internasional ini bertujuan untuk:

  1. Sarana bagi para akademisi (dosen), peneliti dan Mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran untuk mempresentasikan dan mendapatkan masukan ilmiah atas hasil penelitian yang telah dilakukannya.
  2. Membantu para dosen, peneliti dan Mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran untuk mempublikasikan karya akademik pada proceeding, jurnal internasional yang terindeks Scopus, atau jurnal nasional ber-ISSN.
  3. Membantu para pemangku kebijakan untuk mendapatkan masukan-masukan ilmiah dalam menghadapi persoalan keamanan.

Adanya penyelenggaraan konferensi ilmiah internasional yang mengundang berbagai peserta dari berbagai negara juga dapat memberikan nilai lebih bagi para peneliti bidang keamanan nasional dan global di Universitas Padjadjaran, yaitu dimana para akademisi dan peneliti dapat mengembangkan kajiannya dan bila memungkinkan membuka peluang adanya kerjasama riset berskala internasional yang dapat berdampak pada peringkat Universitas Padjadjaran.

 

Dalam acara seminar berlangsung menarik dan interaktif, beberapa peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan security studies dalam lingkup internasional, regional maupun nasional. Terjadi diskusi yang menarik dalam seminar tersebut. Setelah acara seminar berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan acara diskusi panel yang dibagi ke dalam 2- 3 ruangan terpisah, setiap peserta melakukan presentasi dari tulisan-tulisan yang dibuatnya tentang security studies.

(oleh: ImamS/HumasFISIP)