Rangkaian Workshop Pascasarjana Program Studi Kesejahteran Sosial FISIP Unpad

Pada tanggal 22 – 30 Agustus 2019 Program Studi Pascasarjana Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan rangkaian workshop bagi mahasiswa pascasarjana yang dilaksanakan di kampus Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, Jl. Dago Utara No. 25 Bandung.

Kegiatan ini selain ditujukan untuk pengenalan akademik pada bidang riset bagi mahasiswa baru Program Pascasarjana Kesejahteraan Sosial Angkatan 2019/2020, juga ditujukan untuk berbagai angkatan mahasiswa sebelumnya sebagai media percepatan penyelesaian studi. Dalam rangkaian workshop ini, Pihak Program Studi Kesejahteraan Sosial Pascasarjana FISIP UNPAD merasa perlu menyelenggarakan, karena banyak diantara para mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan riset terutama pada analisis data pasca lapangan.

Selain itu, kegiatan workshop dapat dijadikan sebagai media kontrol atas kemajuan tugas akhir dari para mahasiswa baik pada jenjang S2 maupun S3. Sehingga atmosfir akademik bidang riset tetap terjaga dan menjadikannya sebagai media diskusi bagi para mahasiswa dan promotornya. Materi  dalam rangkaian workshop ini  berdasarkan saran dan masukan dari para mahasiswa atas kebutuhan wacana dan ketrampilan yang diinginkan.

Rangkaian Workshop ini meliputi kegiatan Workshop Research Ethics, Literature Review, Analisa Data Kualitatif dan Analisa Data Kuantitatif. Pemateri kegiatan ini adalah Para Staff Pengajar Program Studi Pascasarjana Kesejahteraan Sosial  FISIP UNPAD yang terdiri dari ; Binahayati Rusyidi Ph.D, Dr Nunung Nurwati, Dr Nurliana Cipta Apsari serta para ahli dari luar UNPAD yang memiliki kompetensi dalam materi yang disajikannya.

Pemateri dari Luar Unpad adalah Prof Isbandi R Adi dari Universitas Indonesia dan praktisi peneliti Nurul Widyaningrum, MS. Dalam workshop ini, pada tanggal 27-28 Agustus 2019,  Prof. Isbandi menyampaikan materi Pengumpulan dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif dengan menggunakan software Mindjet kepada para peserta workshop  disertai contoh kasus untuk mensimulasikan software tersebut.

Selanjutnya, pada tanggal 29 – 30 Agustus 2019, kegiatan workshop dibawakan oleh  Nurul Widyaningrum, M.S dengan  materi analisis data kuantitatif serta praktek menggunakan software SPSS. Keseluruhan rangkaian workshop ini berjalan dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari para peserta. Karena di setiap materi workshop ini peluang untuk diskusi, mengasah ketrampilan, dan simulasi atas penggunaan software dipandu dengan baik dari para pematerinya.

Hal yang  menarik, meski rangkaian workshop ini telah dirancang berdasarkan strata jenjang program pascasarjana S2 dan S3, yang disesuaikan dengan kebutuhan pada jenjangnya, namun pada pelaksanaannya, beberapa materi yang dikhususkan untuk mahasiswa jenjang S3 ternyata diikuti pula oleh mahasiswa  jenjang S2, demikian pula sebaliknya.

Bahkan meski kegiatan ini ditujukan secara khusus bagi mahasiswa Program Pascasarjana Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD, ternyata banyak pula mahasiswa program pascasarjana lain atau non Kesejahteraan Sosial turut serta menjadi peserta.

Antusias ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk memperdalam wawasan,  terutama pada bidang riset yang implementatif bagi penyelesaian kajian yang digelutinya. Nampaknya agenda workshop ini dapat dijadikan sebagai agenda rutin sebagai upaya meningkatkan akselerasi penyelesaian studinya, khususnya untuk Program Pascasarjana Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD.

(Madam/HumasFisip)