Acara Pengenalan Kepada Mahasiswa Baru FISIP Unpad, Program Studi Kearsipan Digital dan Bisnis Logistik Tahun 2019

Pada hari Sabtu tanggal 8 September 2019 kemarin, telah berlangsung digelarnya acara Pengenalan kepada Mahasiswa Baru mengenai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Program Studi Kearsipan Digital dan Bisnis Logistik. Acara tersebut berlangsung di Gedung B 202 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Rangkaian acara tersebut dihadiri oleh Para Program Studi, Dosen-Dosen, Manajer SDM FISIP UNPAD, PFU, Narasumber untuk Talkshow, serta Para Dosen Tamu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung.

Isi dari rangkaian acara tersebut adalah seperti sambutan Ketua Program Studi Kearsipan Digital dan Bisnis Logistik, memberikan pengarahan dan sosialisasi mengenai Program Studi lebih mendalam kepada Mahasiswa, Games, Talkshow Mahasiswa Berprestasi, Talkshow Mahasiswa Wirausaha, dan diakhiri oleh Pengarahan Orientasi Mahasiswa Program Studi masing-masing.

Ketua Panitia Dr., Dr., Drs., Rahman Mulyawan M.Si yang sekaligus Ketua Program Studi Sarjana Terapan Kearsipan Digital menyampaikan bahwa agar Mahasiswa diusahakan untuk selalu hadir dan mengikuti rangkaian acara Pengenalan tersebut, serta diharapkan Mahasiswa Baru menjadi lulusan terbaik di Kampus Universitas Padjadjaran.

Beliau mengatakan bahwa, Kearsipan Digital merupakan Program Studi yang harus memiliki lulusan terbaik supaya dapat menjadi tenaga arsip yang bisa diandalkan terutama dapat memahami bagaimana menggunakan Teknologi Komunikasi dan Informasi Kearsipan, yang tentunya berkaitan juga dengan Program Studi Bisnis Logistik, yang akan membantu apabila adanya arsip-arsip yang akan dirubah dari Konvensional ke Digitalisasi.

Begitu juga dengan Program Studi Bisnis Logistik Dr. Pratami mengatakan, bahwa program studi Bisnis Logistik akan selalu membuka peluang kepada lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa mengembangkan Bisnis Logistik baik di Perusahaan, Instansi, dan lain-lainnya. [Sabtu, 8 September 2019]

 

Selain itu, dalam acara tersebut diisi juga oleh Pengenalan Bapak dan Ibu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung. Bapak dan Ibu dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung merupakan Dosen Tamu yang nantinya akan mengisi perkuliahan di Program Studi Kearsipan Digital untuk membantu mereka mendapat Sertifikasi yang nantinya sesuai dengan keahlian, serta Mahasiswa dari Program Studi Kearsipan Digital akan diajak dan mengikuti perkuliahan di Kantor Kearsipan yang ada di Jln. Soekarno Hatta dan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, dengan tujuan memperkenalkan lebih dalam mengenai dunia Kearsipan.

 

Dalam acara tersebut juga diisi oleh Games yang dipimpin oleh Dosen Rd. Marsha M.AB (AB) dan Nurillah M.AB., dengan tujuan untuk lebih membuat Mahasiswa lebih rileks dan bisa terus menikmati rangkaian acara tanpa ada rasa jenuh. Mahasiswa Kearsipan Digital dan Bisnis Logistik semangat kembali pada saat Games tersebut berjalan.

Acara yang selanjutnya juga diisi oleh Talkshow bersama Mahasiswa Berprestasi dari Program Studi Administrasi Pemerintahan (Gisca) dan Administrasi Keuangan Publik (AKP) (Sarah). Sarah dan Gisca berbagi pengalamannya kepada para Mahasiswa Baru agar bisa termotivasi dan berusaha untuk mengasah kemampuan mereka baik di bidang akademis dan non akademis. Dalam acara tersebut juga mereka mengatakan bahwa “Tidak ada salahnya kita berani untuk mencoba apa yang ingin kita raih, dan kita harus berusaha untuk keluar dari zona nyaman, memiliki percaya diri, bahwa kita bisa untuk meraih prestasi, baik akademis maupun non akademis”.

Mereka memberikan pengalamannya apa saja yang mereka raih, mulai dari Sarah (AKP) yang berani mencoba menjadi MAWAPRES dan Gisca (ADPEM) yang sudah pernah menjadi Protokoler acara-acara penting yang juga menjadi Setda di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Talkshow tersebut di moderatori oleh Rika Sri Rahmawati S.Sos., M.Sos., yang juga memberikan kesimpulan bahwa “Kita harus keluar dari zona nyaman, jika kita tidak mencoba untuk meraih apa yang kita inginkan, kita tidak akan pernah tahu apakah kita berhasil atau tidak. Dan tentunya, sebagai mahasiswa harus bisa mengatur waktu yang baik, membuat skala prioritas, dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki dan tentu bisa kita meraihnya, yang juga harus menanamkan Disiplin”. [Sabtu, 8 September 2019]

Setelah acara Talkshow berlanjut, kemudian diisi oleh Talkshow dari mahasiswa PKM, mereka mensosialisasikan mengenai wirausaha kepada Mahasiswa, dan ada juga sosialisasi dari Alumni Universitas Padjadjaran yang sudah menjadi seorang wirausaha berhasil dengan menghasilkan produk kecantikan dari bahan-bahan herbal. [Sabtu, 8 September 2019]