Tim PEDE (Perfect Deodorizer) Lolos Final Cabang Pameran Teknologi Pada PIMNAS Non-PKM 2019

PIMNAS yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional kali ini akan kembali digelar untuk ke-32 kalinya, bertempat di Universitas Udayana, Bali. PIMNAS merupakan kompetisi kreativitas paling bergengsi bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pada perhelatan PIMNAS tahun ini, selain memperlombakan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dari berbagai skim, yaitu Kewirausahaan, Penelitian Eksakta & Sosiohumaniora, Karsa Cipta, Teknologi, Pengabdian Masyarakat, Gagasan Tertulis,  Gagasan Futuristik Konstruktif, dan Artikel Ilmiah, panitia juga menyelenggarakan lomba pendamping PIMNAS Non-PKM. Lomba ini diselenggarakan untuk lebih memeriahkan euforia PIMNAS dan menjaring potensi-potensi mahasiswa lainnya yang belum berkesempatan untuk lolos ke PIMNAS. Adapun lomba pendamping PIMNAS Non-PKM ialah Ide Bisnis, Fotografi, Videografi, Esai, dan Pameran Teknologi.

Universitas Padjadjaran, dalam hal ini Tim PEDE (Perfect Deodorizer) berhasil meraih satu tempat di babak final pada cabang lomba pameran teknologi, yang akan diselenggarakan pada 26-29 Agustus 2019 mendatang di halaman rektorat Univeristas Udayana, Bali. Tim yang beranggotakan Dede Putri Sriyani dan Dini Wahyuni (Administasi Bisnis), Ghina Izdihar dan Dini Oktaviani (Kimia), Muhammad Ihsan (Manajemen Komunikasi), serta dosen pembimbing Dr. Desi Harneti Putri Huspa, M.Si ini berhasil menjadi salah satu finalis dan akan melakukan pagelaran produk berbasis teknologi dan juga melakukan presentasi didepan dewan juri, investor dan perbankan pada final nantinya.

PEDE (Perfect Deodorizer) yang sebelumnya berhasil menajdi juara favorit di ajang PIMNAS skim PKM-Kewirausahaan ke-31 tahun 2018 dan berhasil didanai oleh Kemenristekdikti dalam program CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) ini merupakan suatu produk Insole Sepatu Wangi Penghilang Bau Kaki yang Insole itu terbuat dari racikan minyak aroma terapi yang diambil dari bahan alami seperti tumbuhan herbal serta buah-buahan.

Kini ada empat varian aroma yang diinovasikan oleh tim PEDE, yaitu Bergemot Orange, Lemongrass, Jasmine, dan Peppermint + Lavender. Produk dari riset yang didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini dijual secara online melalui Instagram @Kaki.Pede dan dititip jualkan ke beberapa toko ritel.

Penulis : Muhammad Ihsan (Manajemen Komunikasi)