Membangun Empati melalui Parcel Eco-Friendly

Proses penerimaan Mahasiswa Baru, merupakan sebuah momen yang tepat menitipkan ragam nilai, etika, serta norma2 religious, positif dan konstruktif kepada mahasiswa baru. Pada mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (atau dipanggil Arkamuda), salah satu nilai yang ingin dikenalkan adalah gaya hidup hijau (go-green life style) atau eco-friendly value.

Sesuai dengan nilai utama yang dibawa oleh ORASI 2019 (Penerimaan Mahasiswa Baru Fisip 2019), yakni eco-friendly, mahasiswa baru FISIP 2019 dilarang untuk menggunakan bahan-bahan plastik dan sebagainya dalam pengerjaan tugas ospek.

Selain itu, norma dan nilai yang juga akan dibangun pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2019 juga adalah tata nilai empati. Empati mengacu pada bagaimana seseorang dapat membangun penghargaan pada pihak lain, dengan merasakan berada pada posisi orang lain tersebut. Empati juga berarti kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, khususnya lingkungan ekosistem terdekat dimana individu tinggal dan beraktivitas.

Maka, untuk membangun rasa empati, serta apresiasi terhadap tugas dan pekerjaan sehari-hari tim keamanan serta kebersihan di lingkungan Fakultas, ORASI 2019 menggagas program Parcel Empati Eco-Friendly. Filosofinya bukan terletak pada jumlah dan jenis pemberiannya, namun lebih kepada membangun kedekatan emosional, Salah satu penugasan Arkamuda 2019 adalah membuat parcel dengan makanan yang tidak mudah basi dan dengan kemasan yang eco-friendly.

Parcel tersebut dibagikan pada hari terakhir rangkaian ORASI 2019, yaitu Sabtu 24 Agustus 2019, pada seluruh sivitas akademik Unpad dan masyarakat Unpad yang dijumpai Arkamuda pada kegiatan march. Kegiatan march dilakukan Arkamuda dengan mengelilingi jalur soshum di Universitas Padjadjara. Ketika menyerahkan parcel pada masyarakat yang dijumpai, Arkamuda memberi salam dan berkenalan dengan tim keamanan maupun kebersihan yang ditemui.

Kegiatan march sekaligus pemberian parcel pada masyarakat Unpad yang dijumpai ini merupakan kali pertama sepanjang kegiatan ORASI selama ini. Keberadaan kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun kebanggaan mahasiswa FISIP terhadap fakultasnya dan empati mahasiswa baru terhadap lingkungan sekitarnya. (HeryW/MadamFisip)