FISIP UNPAD SIAP SAMBUT ARKAMUDA 2019

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Padjadjaran secara penuh menyatakan sudah siap menyambut Arkamuda FISIP 2019 dalam rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Padjadjaran akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 sampai dengan hari Sabtu, 24 Agustus 2019. Rangkaian kegiatan ini dinamakan ORASI (Orientasi Mahasiswa Baru FISIP) 2019. Sedangkan mahasiswa baru FISIP Unpad 2019 sebagai peserta ORASI 2019 disebut dengan Arkamuda.

Arkamuda berasal dari dua kata yaitu Arka dan Muda, kata Arka berasal dari bahasa sansekerta yang berarti matahari sedangkan kata muda diartikan sebagai pemuda. Dengan nama ini diharapkan mahasiswa baru FISIP Unpad dapat menjadi matahari muda yang mampu bersinar dan bermanfaat bagi orang lain, bagi dirinya sendiri, dan bagi lingkunganya.

ORASI 2019 ini mengusung beberapa nilai yaitu FISIP sinergis, perseptif, dan eco-friendly. Nilai FISIP sinergis ini diangkat untuk membangun ikatan yang bersinergi diantara banyaknya perbedaan yang ada di FISIP. Selain itu, turunan dari nilai perseptif ini ada sikap responsif dan sikap empati. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat tumbuh dan terus berkembang dalam diri mahasiswa baru meskipun rangkaian ORASI 2019 ini sudah selesai.

Selain itu, ORASI 2019 ini memiliki identitas atau jati diri yang mempunyai nilai-nilai untuk mewujudkan citra yang positif. Identitas ini tersaji dalam bentuk logo yang dituangkan dengan menggunakan beberapa lambang, diantaranya elang jawa yang melambangkan keberanian, mata pena yang melambangkan pendidikan, 12 mata api menghadap arah yang sama yang melambangkan 12 jurusan yang ada di FISIP Unpad, serta 3 jambul elang yang merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lahirnya logo ini diharapkan dapat melahirkan kesatuan di balik banyaknya perbedaan yang ada di dalam lingkungan FISIP, karena walaupun banyak perbedaan tetapi tetap Satu FISIP Bangga!

Manager Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Unpad, Dr. Hery Wibowo.,S.Psi.M.M., menghimbau para mahasiswa baru untuk mengikuti seluruh rangkaian ORASI 2019 dengan harapan dapat membantu membangun karakter mahasiswa baru dalam dunia perkuliahan dan perjalanan panjang lain yang akan dihadapinya. Dr. Hery juga menyarankan agar mahasiswa tidak malu untuk melaporkan diri apabila sakit, tidak enak badan atau ada keluhan lainnya, baik kepada panitia mahasiswa maupun Fakultas, agar dapat segera ditangani dan dicarikan jalan keluarnya.